PEMDES WONOSARI GELAR MUSDES PENETAPAN KPM BLT-DD T.A. 2022

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari menggelar Musyawarah Desa Penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2022 pada Minggu (27/3/2022) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua BPD, H. Delfa Hariyadi, Sekretaris Desa, Muhammad Zulkarnain, Ketua LKMD, Muhammad Ali, Pendamping Desa Pembangunan, Eko Dharma Putra, Kepala Kewilayahan, dan Ketua RT/RW se-Desa Wonosari.

Jumlah KPM BLT-DD di tahun 2022 mengalami penurunan dibanding tahun 2021 lalu, dari 147 KPM menjadi 105 KPM. Hal ini disebabkan sebagian KPM telah menerima bantuan lainnya baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten.

“Warga penerima manfaat BLT-DD sebagian sudah menerima bantuan-bantuan lain dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten sehingga kami melakukan pengurangan penerima BLT-DD,” jelas Sekdes Zul.

Lebih lanjut, Sekdes Zul menambahkan bahwa penetapan jumlah KPM tersebut telah sesuai dengan regulasi yang mengatur 40% dari Alokasi Dana Desa digunakan untuk BLT yaitu dalam Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022 bahwa sebesar 40 persen dana desa tahun 2022 diperuntukkan untuk BLT, 30 persen dana desa untuk program ketahanan pangan dan hewani, 8 persen untuk dukungan pendanaan penanganan Covid-19, dan sisanya untuk program sektor prioritas lainnya.

Sekdes Zul berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat miskin untuk tetap memenuhi kebutuhan hariannya di masa pandemi ini sesuai dengan tujuan utama program BLT.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*