PERANGKAT DESA WONOSARI IKUTI PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT GPS UNTUK PEMETAAN

WONOSARI – Perangkat Desa Wonosari mengikuti Pelatihan Penggunaan Alat GPS (Global Positioning System) Untuk Pemetaan mulai Jum’at hingga Minggu (11-13 Maret 2022) di Aula Kantor Desa Wonosari.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Seksi Kesejahteraan, Suherman, Kepala Urusan Perencanaan, Ryan Ogi Kastari, Kepala Kewilayahan se-Desa Wonosari, dan Staf Desa, Tulus Wijaya.

Muhammad Zulkarnain selalu Sekretaris Desa Wonosari dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat perlu dilakukan guna memberikan edukasi dan wawasan kepada perangkat desa dalam menggunakan alat GPS untuk pemetaan wilayah.

“Pelatihan ini sangat berguna terutama untuk pemetaan tanah agar tanah tersebut memiliki titik koordinat sehingga datanya dapat dilihat dan digunakan oleh siapapun yang berkepentingan,” ujarnya.

GPS adalah suatu sistem radio navigasi penentuan posisi dengan menggunakan satelit. GPS dapat memberikan posisi suatu objek di muka bumi dengan akurat dan cepat (tiga dimensi koordinat x, y, z) dan memberikan informasi waktu serta kecepatan bergerak secara kontinyu di seluruh dunia.

Dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan materi terkait teori dasar penggunaan GPS, penginstalan aplikasi yang mendukung penggunaan GPS, dan pengolahan data untuk pemetaan.

Hendra Saputra, Dosen Politeknik Negeri Bengkalis yang juga merupakan narasumber dalam kegiatan tersebut berharap peserta nantinya mampu menjelaskan dasar-dasar GPS serta tata cara operasional GPS dan dapat membuat pemetaan secara bertahap berdasarkan data yang diperoleh dari penggunaan GPS.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*