GELAR MUSDES RKPDes T.A. 2022, KADES SUSWANTO : KAMI BERPEDOMAN PADA PERMENDAGRI NO. 114 TAHUN 2014

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari menggelar Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa Wonosari Tahun Anggaran 2022 pada Kamis (30/9/2021) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Wonosari, Suswanto menegaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

“Bahwasanya dalam rangka perencanaan pembangunan Desa maka berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Desa diwajibkan menyusun rencana kerja Pemerintah Desa tahun sebelumnya yakni diselenggarakan atau selambat-lambatnya disahkan pada bulan September tahun sebelumnya,” tutur Kades Suswanto.

Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa ini mengacu kepada sumber pendapatan Desa Wonosari Tahun 2021. Karena untuk pagu sumber pendapatan Tahun 2022 belum disampaikan dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Desa sehingga acuan dalam tim penyusunan RKPDes Tahun 2022 ini menggunakan pagu sumber pendapatan Tahun 2021.

Susunan RKPDes Tahun 2022 ini telah melalui tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan oleh tim RKPDes Desa Wonosari dengan mengumpulkan dan mempelajari usulan-usulan di tingkat Dusun maupun Lembaga Desa lainnya yang telah dibahas bersama antara tim RKPDes dan BPD.

Kades Suswanto berharap semoga rancangan RKPDes ini dapat mengakomodir apa yang menjadi usulan dan juga aspirasi dari masyarakat dari tingkat RT/RW dan Lembaga Desa lainnya.

Lebih lanjut, Kades Suswanto menyampaikan bahwa di Tahun 2022 ini juga direncanakan untuk melakukan kegiatan seperti kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dengan menyesuaikan terhadap kemampuan rencana keuangan yang akan didapat oleh Desa.

Musyawarah Desa ini berjalan lancar dan diakhiri dengan menyepakati Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa Wonosari Tahun Anggaran 2022 yang nantinya akan dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Wonosari Tahun Anggaran 2022.

Turut hadir, Ketua BPD Desa Wonosari, H. Delfa Hariyadi, Tim RKPDes Desa Wonosari, dan seluruh Lembaga Kemasyarakatan Desa Wonosari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*