SOSIALISASI SI APIK, SEKDES TRI : IKUTI DENGAN SAKSAMA DAN IMPLEMENTASIKAN DI KEGIATAN USAHA MASING-MASING

WONOSARI – Sekretaris Desa Wonosari, Wahyu Tri Cahyadi mengimbau agar pelaku usaha dapat mengikuti dengan saksama Sosialisasi Penggunaan SI APIK dan mengimplementasikan di kegiatan usahanya masing-masing.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wahyu Tri Cahyadi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI APIK) bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Desa Wonosari yang ditaja oleh Tim Pengabdian Politeknik Negeri Bengkalis pada Senin (26/7/2021) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah Dusun Tanjung Sari.

Aplikasi SI APIK adalah aplikasi akuntansi sederhana yang didesain oleh Bank Indonesia untuk para pelaku UMKM agar dapat dengan mudah membuat laporan keuangan secara sederhana, baik melalui handphone maupun melalui komputer.

“Kami mengimbau kepada peserta agar bisa mengikuti sosialisasi ini dengan saksama dan dapat mengimplementasikan aplikasi tersebut di kegiatan usahanya masing-masing,” imbau Sekdes Tri.

Lebih lanjut, Sekdes Tri berharap peserta dapat berperan aktif dalam sosialisasi tersebut agar permasalahan yang dihadapi dalam usahanya dapat dicarikan solusi atau penyelesaian.

Dikatakan Muhammad Lutfi Iznillah selaku salah seorang Dosen yang juga merupakan Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis bahwa manfaat SI APIK adalah menyusun laporan keuangan dengan mudah dan sebagai bahan pengajuan kredit atau pembiayaan kepada perbankan.

“Dari aplikasi ini bisa diketahui output laporan keuangan dari kegiatan usaha Bapak Ibu, bisa diketahui langsung riil laba rugi berapa, riil keuntungan berapa, dan bagaimana potensi usaha yang sedang dijalankan,” terangnya.

Penggunaan SIAPIK meliputi perorangan, badan usaha bukan badan hukum diantaranya pertanian, jasa, perdagangan, manufaktur, perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan peternakan.

“Aplikasi ini memang di desain sangat sederhana namun sesuai dengan standar akuntasi yang berlaku,” ungkap Lutfi.

Dalam kegiatan tersebut dijelaskan tutorial penggunaan dan pencatatan transaksi keuangan menggunakan aplikasi SI APIK kepada pelaku UMKM yang hadir.

Turut hadir, Sekretaris Desa Wonosari, Wahyu Tri Cahyadi, Kepala Kewilayahan Tanjung Sari, Massugianto, Kepala P3M Politeknik Negeri Bengkalis, Muhammad Afridon.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*