PELAKSANAAN KEGIATAN DESA SIAGA AKTIF, PEMDES WONOSARI BENTUK FORUM GERMAS

Foto Kades Suswanto saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Pembentukan Forum GERMAS

WONOSARI – Sebagai upaya percepatan terwujudnya masyarakat Desa yang peduli dengan permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, Pemerintah Desa Wonosari membentuk Forum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada Selasa (22/6/2021) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Dikatakan dr. Hendi Eka Putra selaku petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Bengkalis bahwa Forum Germas ini adalah forum-forum gerakan masyarakat sehat yang terdiri dari beberapa orang untuk menggerakkan perilaku hidup bersih dan sehat di suatu desa.

Dalam kegiatan ini, setiap peserta yang hadir yang mewakili pos masing-masing mengemukakan masalah yang ada di posnya seperti belum adanya alat ukur standar dalam menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan balita.

Menanggapi hal tersebut, Kades Suswanto berharap untuk tahun berikutnya, setiap pos harus bisa menguraikan rencana kerjanya yang berbentuk proposal kegiatan agar bisa dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Program kerja dari setiap pos harus bisa diuraikan di tahap perencanaan awal ini terutama proposal kegiatannya,” ungkap Kades Suswanto.

Kades Suswanto juga mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini guna memberikan motivasi dan inovasi kepada masyarakat untuk memaksimalkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kades Suswanto berharap agar peserta yang hadir dapat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat membudayakan gerakan ini karena hidup sehat dan bersih itu dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Berdasarkan hasil musyawarah, peserta menyepakati pembentukan Forum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Desa Wonosari dengan susunan organisasinya sebagai berikut:

  1. Ketua 1 dari unsur LPMD, Muhammad Ali
  2. Ketua 2 dari unsur PKK, Nuriza
  3. Sekretaris dari unsur KKM, Septi Erlyantika
  4. Anggota dari wilayah Timur Sari, Sukandar dan Syahril
  5. Anggota dari wilayah Tanjung Sari, Arsyad dan Kamaruzzaman
  6. Anggota dari wilayah Mekar Sari, Sutomo dan Agus Supriadi
  7. Anggota dari wilayah Mukti Sari, Edi Susanto dan Muslim
  8. Anggota dari wilayah Antar Sari, Kaharudin dan Ali

Tampak hadir, Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Kepala UPT Puskesmas Bengkalis, dr. Hj. Rima Budiarti, Ketua TP-PKK, Nuriza, Wakil Ketua BPD, Syaari, Ketua LPMD, M. Ali, Bidan Desa, Yusdierny.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*