PENYALURAN BLT-DD TAHUN 2021 TAHAP I, KADES SUSWANTO TEGASKAN SUDAH SESUAI REGULASI

Foto ketika Kepala Desa Wonosari memberikan pengarahan kepada Ketua RT/RW dengan didampingi Kepala Kewilayahan

WONOSARI –Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2021 Desa Wonosari yang telah disalurkan pada Rabu (22/5/2021) kepada 147 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) teah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto di Kantor Desa Wonosari.

Dijelaskan oleh Kades Suswanto, bahwa penyaluran BLT-BB tahun 2021 tahap I ini telah melalui proses verifikasi oleh tim  yang sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor : 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021 dan Surat Edaran Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : 17 Tahun 2020 tentang percepatan Penggunaan Dana Desa melalui Surat Edaran dari Dinas PMD Kabupaten Bengkalis Nomor : 412.2/DPMD-Pemdes/032 tentang Arahan Dalam Pelaksanaan APBDES Tahun Anggaran 2021 dan Optimalisasi Penggunaan Dana Desa 2021,”ungkap Suswanto

Suswanto menjelaskan bahwa didalam surat edaran tersebut diinstruksikan kepada Camat dan Kepala Desa untuk melaksanakan penyaluran bantuan langsung tunai untuk masyarakat desa selama 12 bulan dengan besaran perbulan Rp.300.000 per KPM. Dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa untuk KPM penerima BLT DD Tahun 2021 ini agar dapat dilakukan pendataan kembali/mendata ulang oleh RT masing-masing.

“Atas instruksi tersebut dilakukanlah pendataan kembali terhadap KPM oleh RT dimasing-masing wilayah dan usulan dari RT tersebut telah dievaluasi oleh tim verifikasi penerima bantuan langsung tunai Desa Wonosari yang mana tim tersebut dibentuk dari hasil musyawarah Dusun, jadi artinya data atau nama-nama yang telah tercantum dan mendapatkan bantuan BLT-DD ini sudah melalui tahapan-tahapan yang seharusnya,”tambahnya.

Lebih lanjut, Suswanto juga menjelaskan bahwa untuk KPM penerima bantuan BLT-DD ini adalah tidak termasuk penerima bantuan PKH, Kartu Sembako, Kart Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Bantuan Pemerintah Pusat lainnya.

Diketahui, total usulan Desa melalui pendataan RT sebanyak 420 calon KPM, setelah melalui evaluasi oleh tim verifikasi menjadi 147 KPM. Hasil dari verifikasi tersebut dipaparkan pada Musyawarah Desa Khusus oleh Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa dan Tim Relawan Verifikasi yang telah dilaksanakan pada Rabu (23/03/2021) di Gedung Serba Guna Desa Wonosari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*