MAKSIMALKAN PENGGUNAAN DANA DESA, PEMDES WONOSARI GELAR MUSDES APBDES PERUBAHAN T.A. 2021

Foto saat Kades Suswanto memberikan pengarahan sebelum Musdes APBDes Perubahan dimulai.

WONOSARI – Dalam rangka memaksimalkan penggunaan dana desa, Pemerintah Desa Wonosari menggelar Musyawarah Desa Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Perubahan Tahun Anggaran 2021 pada Senin (29/3/2021) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua BPD ini dihadiri Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Sekretaris Desa selaku Ketua Tim Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa, Wahyu Tri Cahyadi, Ketua LPMD, M. Ali, Kepala Kewilayahan, Pendamping Desa P3ID, Tutiana, serta pengurus lembaga kemasyarakat yang berada di Desa Wonosari.

Dalam kesempatan tersebut, Kades Suswanto mengungkapkan bahwa APBDes yang telah disahkan pada Desember 2020 ini harus mengalami perubahan disebabkan beberapa hal terkait Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 Nomor 13 Tahun 2020.

“Hal-hal yang berkenaan dengan terjadinya perubahan anggaran pendapatan desa ini sehingga alokasi anggaran di APBDes sebelumnya tidak tersedia atau belum mencukupi maka pemerintah desa melakukan perubahan anggaran pendapatan belanja desa untuk mencukupi terkait tentang besarnya pembiayaan bagi kegiatan-kegiatan prioritas tersebut,” jelas Kades Suswanto.

Kegiatan yang menjadi prioritas dalam penggunaan dana desa diantaranya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), program stunting, dan dana persiapan untuk desa pemekaran.

“Di tahun-tahun sebelumnya kita selalu memprioritaskan anggaran pendapatan belanja desa ke bidang infrastruktur tapi dengan adanya pandemi Covid-19 ini sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, maka dana desa tahun 2021 lebih diprioritaskan dalam penanganan dampak Covid-19,” ucap Kades Suswanto.

Rapat berlangsung lancar dan peserta rapat menyepakati atas terjadinya perubahan APBDes tersebut.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*