PEMDES WONOSARI GELAR SMD DAN MMD GUNA IDENTIFIKASI KESEHATAN DI DESA

Foto saat dr. Hendy Eka Putra menjelaskan terkait Survei Mawas Diri dan Musyawarah Masyarakat Desa di Desa Wonosari

WONOSARI – UPT Puskesmas Bengkalis melalui Pemerintah Desa Wonosari menggelar Survei Mawas Diri dan Musyawarah Masyarakat Desa pada Kamis (18/2/2021) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Survei Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Dalam kegiatan ini, petugas kesehatan UPT Puskesmas Bengkalis  melakukan tanya jawab dan bertukar pikiran kepada Bidan Desa, Kader Posyandu, Kader Kesehatan serta Kepala Kewilayahan dan Ketua RT/RW terkait permasalahan kesehatan di desa diantaranya kunjungan balita ke Posyandu, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta kesadaran masyarakat dalam menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Yeni Sunarsih selaku petugas kesehatan UPT Puskesmas Bengkalis menegaskan kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika terjadi masalah kesehatan di lingkungannya.

“Laporkan ke kami, nanti kami ada tim yang akan turun ke wilayah tersebut,” tegasnya.

Yeni juga mengingatkan pentingnya membawa balita ke Posyandu setiap bulannya untuk mengetahui tumbuh kembang anak sehingga dapat segera mengatasi jika terdapat masalah kesehatan.

“Sebenarnya dengan timbang ukur di Posyandu itu, kita dapat melihat tumbuh dan kembang anak agar bisa memantau dari terjadinya berbagai masalah kesehatan,” terangnya.

Kades Suswanto berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih mengenal kesehatan yang ada di desa dan menimbulkan minat atau kesadaran untuk mengetahui masalah kesehatan dan pentingnya permasalahan tersebut untuk diatasi.

Turut hadir, Direktur BumDesa Unggul Sari, H. Irman, Ketua TP-PKK Desa Wonosari, Nuriza, Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Bengkalis, dr. Hendy Eka Putra, Bidan Desa, Yusdierny dan Siti Aisyah, Kader Posyandu, Kepala Kewilayahan dan Ketua RT/RW Desa Wonosari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*