GERAKAN WONOSARI BEBAS SAMPAH, KADES SUSWANTO : BUDAYA LEBIH RAMAH LINGKUNGAN

Masyarakat Desa Wonosari sedang melakukan Gerakan Bebas Sampah

WONOSARI – Desa Wonosari menggelar Gerakan Wonosari Bebas Sampah pada Minggu (7/2/2021).

Dikatakan Kades Suswanto, gerakan ini merupakan kegiatan bersih-bersih masyarakat di lingkungan rumah dan sekitarnya.

“Gerakan Bebas Sampah ini kita fokuskan untuk bersih-bersih sampah yang berada di lingkungan rumah dan sekitar,” ujarnya.

Kades Suswanto menambahkan bahwa gerakan ini juga sebagai kegiatan untuk meminimalisir sampah plastik yang berada di sekitar kita.

“Nanti sampah plastik yang sudah kita kumpulkan dapat kita berikan kepada Tim Unit Pelayanan Persampahan BumDesa Unggul Sari,” terangnya.

Tim Unit Pelayanan Persampahan BumDesa Unggul Sari akan segera dioperasikan di Desa Wonosari sehubungan dengan Surat Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Desa Wonosari dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis tentang pengelolaan pelayanan dan retribusi persampahan yang akan dikelola oleh BumDesa Unggul Sari.

Kades Suswanto berharap masyarakat dapat merubah kebiasannya untuk memilah sampah organik dan non-organik agar menghasilkan perubahan budaya menjadi lebih ramah lingkungan.

“Pengelolaan sampah yang benar tidak hanya mencegah limbah yang menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan, namun dapat menjadi sesuatu dan bernilai jual yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan tentunya membantu kesejahteraan masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*