BENTUK TRANSAPARANSI, PEMDES WONOSARI GELAR MUSDES RANCANGAN APBDes TAHUN 2021

WONOSARI – Sebagai salah satu bentuk transparansi keuangan desa kepada masyarakat, Pemerintah Desa Wonosari menggelar Musyawarah Desa Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2021 pada Kamis (17/12/2020) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Musyawarah dihadiri Wakil Ketua BPD, Kasidin, Sekretaris Desa sekaligus Ketua Tim RKP, Wahyu Tri Cahyadi, Perangkat Desa, Pendamping Desa, Ketua RT/RW, serta Lembaga Kemasyarakatan Desa lainnya.

Dalam musyawarah, Sekdes Tri menjelaskan tentang adanya penundaan rencana kerja terhadap beberapa kegiatan di masyarakat seperti pembangunan dan kegiatan lainnya disebabkan desa harus menganggarkan operasional untuk desa persiapan maksimal 30% dari APBDes.

Selain itu, di tahun 2021 desa juga masih harus menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat, pelaksanaan kegiatan stunting, serta penganggaran untuk bilboard pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

“Seluruh kegiatan tersebut tentunya menyebabkan berkurangnya anggaran kita untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya,” papar Sekdes Tri.

Sekdes Tri mengatakan bahwa di tahun 2021, desa hanya akan melakukan pembangunan atau kegiatan terhadap usulan prioritas dan melaksanakan kegiatan yang belum bisa dilaksanakan di tahun 2020.

Dalam musyawarah tersebut, Sekdes Tri berharap masyarakat dapat memahami kondisi keuangan desa saat ini karena segala perencanaan dan pengelolaan keuangan desa telah disesuaikan dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Rancangan APBDes yang dipaparkan oleh pemerintah desa tersebut disetujui oleh seluruh peserta rapat dengan sedikit catatan yaitu memindahkan pengalokasian dana untuk BUMDesa Unggul Sari ke Karang Taruna Tunas Baru. Hal tersebut atas persetujuan pihak BumDesa Unggul Sari untuk menghibahkan pengalokasian anggarannya ke Karang Taruna Tunas Baru.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*