CEGAH STUNTING DI MASA PANDEMI, KADER POSYANDU DESA WONOSARI IKUTI PENYULUHAN

dr. Hendy Eka Putra sedang menyampaikan penyuluhan tentang percepatan pencegahan stunting di masa pandemi

WONOSARI – Kader Posyandu Desa Wonosari mengikuti Penyuluhan Kelompok UKM Esensial dan Pengembangan pada Kamis (19/11/2020) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Kegiatan yang ditaja oleh UPT Puskesmas Bengkalis ini dihadiri kader posyandu Desa Wonosari.

Dijelaskan dr. Hendy Eka Putra selaku narasumber dalam kegiatan ini bahwa penyuluhan dilakukan guna mencegah meningkatnya kondisi stunting pada anak di masa pandemi Covid-19.

“Dikuatirkan keterbatasan mayarakat dalam beraktivitas di masa pandemi dapat mempengaruhi kondisi ekonomi sehingga mengurangi asupan gizi pada anak,” terangnya.

Stunting pada anak dapat mempengaruhinya dari ia kecil hingga dewasa. Dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik. Sekilas, proporsi tubuh anak stunting mungkin terlihat normal. Namun, kenyataannya ia lebih pendek dari anak-anak seusianya.

dr. Hendy mengungkapkan bahwa kondisi stunting bisa dicegah dari 1000 Hari Pertama Kehidupan, salah satunya dengan memberikan ASI hingga anak berusia 2 tahun karena ASI memiliki asupan gizi yang mencukupi dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh anak. Selain itu, orang tua juga diharapkan dapat sering berkonsultasi dengan petugas kesehatan dalam melihat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Lebih lanjut, dr. Hendy menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mencegah wabah Covid-19 dengan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam kehidupan sehari-hari dan melaksanakan 3M (Menggunakan masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan memakai sabun).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan