KADES SUSWANTO HADIRI PENYULUHAN PETERNAKAN AYAM KODIM 0303/BENGKALIS

Foto bersama usai Penyuluhan Peternakan Ayam

WONOSARI – Kepala Desa Wonosari menghadiri Penyuluhan Peternakan Ayam pada Senin (12/10/2020) di Dusun Tanjung Sari.

Kegiatan ini merupakan program bakti sosial pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Kodim 0303/Bengkalis dalam rangka peran TNI dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Dalam sambutannya, Kades Suswanto mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0303/Bengkalis atas partisipasinya dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang peternakan ayam.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0303/Bengkalis atas partisipasinya dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui bidang peternakan ayam yang diharapkan mampu membantu meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,” tuturnya.

Kades Suswanto mengungkapkan bahwa hal ini merupakan bukti nyata kepedulian Kodim 0303/Bengkalis terhadap masyarakat terutama di masa pandemi ini.

Lebih lanjut, drh. Windy mengatakan bahwa dalam proses beternak ayam, hal yang paling mendasar yang harus dilakukan adalah menggunakan konsep biosekuriti tiga zona.

“Prinsip paling mendasar dari biosekuriti adalah mencegah penyakit agar tidak masuk dan keluar dari suatu peternakan,” ujarnya.

Dalam konsep biosekuriti tiga zona. suatu peternakan dibagi menjadi tiga wilayah yakni zona merah, kuning dan hijau. Zona merah berada di area luar peternakan yang menjadi batas antara media kontaminan dan peternakan. Zona kuning adalah zona peralihan yakni perantara zona merah dan hijau. Dalam zona ini orang yang masuk ke peternakan harus didesinfeksi bila perlu mandi dan berganti baju kerja, termasuk alas kaki. Sementara zona hijau adalah lokasi peternakan dan pekerja/individu yang sudah steril.

Usai penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu peternakan ayam milik salah seorang warga yang berada di wilayah Dusun Tanjung Sari.

Tampak hadir, Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Kepala Kewilayahan, Ketua RT/RW, dan masyarakat setempat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*