SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH POLA 3R, DIREKTUR BUMDESA UNGGUL SARI : INI MAMPU HASILKAN PENDAPATAN EKONOMI

Foto ketika Direktur BUMDesa Unggul Sari memberikan kata sambutan

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari menggelar Sosialisasi Peningkatan Peranan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah dengan Pola 3R (Reuse, Reduce, Recycle) pada Kamis (8/10/2020) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah.

Kegiatan dihadiri Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis yang diwakili Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Andres Wasono, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, M. Saleh, Kasi Pengurangan Sampah, Hj. Nurhasanah, Direktur BUMDesa Unggul Sari, H. Irman, Perangkat Desa Wonosari, Ketua TP-PKK, Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Wonosari berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan sampah sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan terhindar dari bahaya sampah.

H. Irman menambahkan bahwa sampah yang dikelola secara benar mampu memberikan pendapatan ekonomi bagi masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, Hj. Nurhasanah.

Menurutnya, sampah yang dikelola melalui pola 3R dapat mengatasi meningkatnya jumlah sampah yang terbuang dan menghasilkan nilai ekonomi.

“Dengan berpikiran kreatif dan kesadaran mengurangi sampah, maka melakukan 3R ini dengan mengolah barang-barang bekas menjadi produk baru akan memiliki nilai ekonomi, tidak hanya bagi masyarakat namun juga bagi desa,” terangnya.

Pola 3R yang dimaksud adalah :

1. REDUCE (Mengurangi)

Upaya untuk mengurangi dan meminimalisasi penggunaan barang-barang yang dapat menambah sampah dan juga mencemari lingkungan. ‘Mengurangi’ disini juga dapat berarti mengurangi pemborosan sumber daya alam dan energi.

2. REUSE (Menggunakan kembali)

Upaya untuk menggunakan kembali sebuah barang sebelum pada akhirnya membuangnya.

3. RECYCLE (Mendaur ulang)

Upaya untuk mendaur ulang sampah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*