GRUP HADRAH AR-RASYIDIN DUSUN MEKAR SARI HIBUR TAMU DI MALAM PERINGATAN 10 MUHARRAM

WONOSARI – Dalam rangka memperingati Peringatan 10 Muharram, Grup Hadrah Ar-Rasyidin Dusun Mekar Sari menghibur para tamu pada Jum’at malam (28/8/2020) ba’da Isya di halaman Masjid Munawwarotul Jayyidah, Jalan Wonosari Barat.

Hadrah merupakan kesenian Islam yang di dalamnya berisi shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang digunakan sebagai media mensyiarkan ajaran agama Islam. Dalam kesenian ini tidak ada alat musik lain kecuali rebana. Kesenian ini selain sebagai media untuk menyebarkan ajaran agama Islam juga sebagai sebuah hiburan. Sebab di dalam kesenian hadrah terdapat sebuah dorongan untuk mengagungkan asma Allah dan Nabi Muhammad serta amar ma’ruf nahi munkar. Hal ini dapat dilihat jelas dari syair-syair yang dilantunkannya.

Grup Hadrah yang terdiri dari remaja Masjid Munawwarotul Jayyidah telah memulai membentuk kegiatan kesenian ini sejak Januari 2020 lalu. Grup ini dibimbing oleh salah seorang remaja masjid yang merupakan lulusan dari Pondok Pesantren di Pulau Jawa, yaitu Surya Maulana. Selain mengisi kegiatan-kegiatan keagamaan, Grup Hadrah Ar-Rasyidin juga sering diundang untuk tampil pada saat acara pernikahan, dan acara lainnya.

Dijelaskan Darman selaku Kepala Kewilayahan Mekar Sari bahwa kegiatan ini berawal dari seringnya remaja masjid mengadakan pertemuan pada setiap bulan guna membahas hal-hal yang bersifat pendidikan. Dan akhirnya tercetuslah ide untuk membentuk kesenian bernuansa Islami.

“Kami selaku masyarakat Dusun Mekar Sari sangat mendukung kegiatan kesenian ini dan kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk melestarikannya demi memajukan generasi mendatang,” tutur Darman.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Wonosari mengatakan bahwa Pemerintah Desa Wonosari siap mendukung pengembangan grup Hadrah tersebut.

“Kami siap membantu dan mendukung program kesenian ini, dan kami berharap grup Hadrah ini dapat mengajukan permohonan ke Pemerintah Desa Wonosari sebagai salah satu proses administrasinya,” ujarnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*