PEMBENTUKAN STRUKTUR ORGANISASI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (LPMD) DESA WONOSARI

WONOSARI – Sehubungan dengan telah berakhirnya masa bakti  pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Wonosari tahun 2015-2020, Pemerintah Desa Wonosari melaksanakan rapat dalam rangka Pembentukan Struktur Organisasi LPMD yang baru masa bakti 2020-2025 pada Senin (20/07/20) yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Wonosari, Jl.HR.Soebrantas Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto yang didampingi oleh Kepala Kewilayahan se Desa Wonosari dan dihadiri oleh seluruh anggota LPMD yang baru. Tampak hadir juga Pendamping Desa Bidang Pembangunan, Tutian.

Menurut Kades Suswanto, Dasar dari adanya pembentukan LPMD ini merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.18 Tahun 2018… oleh sebab itu penting bagi sebuah Desa untuk memiliki Lembaga Kemasyarakatan seperti salah satunya LPMD.

“Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI. Permendagri Nomor 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada 9 April 2018 dan diberlakukan setelah diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham Widodo Ekatjahjana dalam Berita Negara Tahun 2018 Nomor 569 tanggal 27 April 2018 di Jakarta,” Jelasnya.

Anggota LPMD terpilih merupakan perwakilan dari setiap Rukun Warga (RW) yang telah dilakukan pemilihan sebelumnya oleh  masing-masing Ketua RW dan beberapa unsur masyarakat lainnya.

LPMD adalah lembaga yang terbentuk atas prakarsa masyarakat yang tujuannya membantu Pemerintah Desa dalam meningkatkan aspirasi dan pelayanan guna penyelenggaraan dan pembangunan Desa yang lebih baik,” Tambah Suswanto.

Berdasarkan hasil rapat, disepakati bersama terbentuknya pengurus dan struktur organisasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Wonosari, Berikut nama-nama anggota beserta posisi dalam struktur organisasi :

Pelindung : SUSWANTO
1. Ketua : M. ALI, S.Pd.I
2. Wakil Ketua  : SARIANTO
3. Sekretaris : ERI HAMZI
4. Bendaharan : HERNING DWI WINARSIH
5. Seksi Persatuan dan Kesatuan Msyarakat : NGADIRAN
6. Seksi Peranan Perempuan : SURYA PRAYUDI
7. Seksi Pembinaan Generasi Muda : WAHYU HIDAYAT
8. Seksi Pemanfaatan SDA dan Lingkungan : WAHYUDA ROMADANI
9. Seksi Perekonomian dan Keterampilan Masyarakat : RUSMALI
10. Seksi Informasi dan Komunikasi : JULIANTO
11. Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana : ZULFIKAR
12. Seksi Kesehatan Masyarakat : RUSDI R

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*