PEMANTAPAN UNIT JASA PENGELOLAAN SAMPAH, BUMDESA UNGGUL SARI KUNJUNGAN KE DLH KABUPATEN BENGKALIS

WONOSARI – Dalam rangka menindak lanjuti hasil diskusi awal audiensi pada Maret 2020 lalu dan sosialisasi bersama unsur masyarakat desa, pengurus BumDesa Unggul Sari melakukan kunjungan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis terkait rencana pengelolaan sampah pada Kamis (2/7/2020) di ruang rapat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis.

Kunjungan tersebut didampingi Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Direktur BumDesa Unggul Sari, H. Irman, Sekretaris BPD, Kasidin, Sekretaris BumDesa Unggul Sari, Ruliono, Bendahara BumDesa Unggul Sari, Raja Kartini Khairunnisa, dan Pendamping Ekonomi Desa, Ayu Astuti.

Dalam sambutannya, Kades Suswanto mengatakan bahwa Pemerintah Desa Wonosari berupaya untuk mensikronisasikan pengelolaan sampah ini mulai dari aturan, penetapan wilayah pelayanan hingga cara mensosialisasikan kepada masyarakat sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku.

Hal ini disambut baik oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili Kasi Pengurangan Sampah, Hj. Nurhasanah dan Azmar.

“Kami sangat mengapresiasi program dari Pemerintah Desa Wonosari melalui BumDesa Unggul Sari yang telah berperan aktif dalam melakukan pengelolaan sampah,” ujar Hj. Nurhasanah.

Lebih lanjut, Hj. Nurhasanah menegaskan bahwa desa harus memantapkan teknis dalam pelaksanaan beserta rencana target Pendapatan Asli Desa (PAD) untuk Kabupaten Bengkalis dari retribusi sampah Desa Wonosari per bulannya serta melakukan pendataan terhadap jumlah pengepul dan pemulung yang berada di Desa Wonosari.

Dalam kesempatan ini, DLH Kabupaten Bengkalis juga langsung membantu mengusulkan program ini ke pemerintah pusat melalui aplikasi online dengan melampirkan surat/dokumen resmi dari Desa Wonosari untuk membuka lahan TPS3R [Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi – menggunakan – daur ulang)] dengan ukuran minimal 10 m x 13 m.

Diungkapkan H. Irman bahwa pihaknya akan memulai pengelolaan sampah untuk skala rumah tangga pada Agustus 2020 mendatang. Hal yang sama juga disampaikan Kades Suswanto.

“Pengelolaan sampah untuk skala rumah tangga akan dimulai BumDesa Unggul Sari pada Agustus mendatang, oleh karenanya kami selaku Pemerintah Desa Wonosari juga membuka peluang untuk masyarakat yang ingin bergabung menjadi pengepul sampah untuk bisa melaporkan diri segera mungkin kepada kami,” himbau Kades Suswanto.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*