PENGELOLA BUMDesa UNGGUL SARI LAKUKAN AUDIENSI DENGAN KADIS DLH BENGKALIS

Dalam upaya untuk membangun kerjasama di bidang pengelolaan dan pengolahan sampah di lingkungan masyarakat Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Unggul Sari Desa Wonosari melakukan Audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabuten Bengkalis pada Selasa (3/3/2020) di ruang rapat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili oleh sektretaris Dinas Andris Wasono dan didampingi oleh Kepala Seksi Persampahan Azmar. Sementara rombongan dari BUM Desa Unggul Sari dipimpin langsung oleh Direktur BUM Desa H. Irman, didampingi oleh Sekretaris BUM Desa Ruliono dan Ayu Astuti selaku Pendamping Desa Ekonomi Desa Wonosari.

Dalam kata sambutannya, Direktur BUM Desa Unggul Sari, H. Irman, menjelaskan bahwa tujuan pihak BUM Desa Unggul sari ingin membangun komunikasi dan melakukan Audiensi dengan Kepala Bidang DLH untuk melakukan penjajakan dan sekaligus menyampaikan rencana akan dibukanya Unit Jasa Pengelolaan Sampah oleh BUM Desa Unggul Sari pada tahun 2020 ini.

“Dari Penyertaan Modal BUM Desa Unggul Sari yang diperoleh dari Dana Bantuan Keuangan Khusus (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2019 yang lalu, maka sebagian dana diperuntukkan sebagai dana awal pembukaan dan pengembangan Unit Jasa Pengelolaan Sampah, sehingga sebelum program unit tersebut dimulai, maka langkah awal kami adalah membangun Komunikasi dan audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis,” jelas H. Irman.

Sementara itu, Ruliono selaku sekretaris BUM Desa Unggul Sari memaparkan rencana unit usaha yang dikelola, yaitu Unit Jasa Pengelolaan Sampah. “Hal ini merupakan salah satu tanggapan dari persoalan yang timbul di tengah masyarakat, yaitu masalah penanganan sampah rumah tangga yang ada di desa Wonosari, dan tentunya diharapkan dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes),” terangnya.

Lebih lanjut, Ruliono memaparkan bahwa rencana BUM Desa melakukan pengelolaan sampah yang dihasilkan dari sampah rumah tangga dengan menyediakan Armada khusus yang beroperasi untuk menjemput dan melayani masyarakat dalam hal pembuangan sampah, dengan catatan bahwa masyarakat dikenakan biaya retribusi kebersihan.

“Dengan peran serta BUM Desa dalam hal pengelolaan sampah rumah tangga maka kami berharap hal ini akan memberikan dampak positif dan dapat membantu DILH,” harap Ruliono.

“Hal ini disambut baik Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis (DLH), yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Andris Wasono.

“Kamis sangat mengapresiasi dan menyambut baik terhadap rencana usaha yang dibuat oleh BUM Desa Unggul Sari, ini adalah hal positif dan merupakan terobosan yang sangat baik. Namun dalam perjalanannya ke depan tentunya pihak BUM Desa dan DLH harus duduk bersama membicarakan persoalan tekhnis pelaksanaannya,” ujar Andris Wasono.

Senada dengan Sekretaris Dinas DLH, Azmar selaku Kasi Persampahan DLH Bengkalis menjelaskan regulasi dan kondisi di lapangan dalam hal pengelolaan sampah di Kabupaten Bengkalis.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*