CEGAH STUNTING, TP-PKK WONOSARI GELAR SOSIALISASI PENTINGNYA PERTUMBUHAN ANAK USIA DINI

WONOSARI – Dalam rangka mencegah terjadinya stunting pada anak, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Desa Wonosari menggelar Sosialisasi tentang Pentingnya Pertumbuhan Anak Usia Dini pada Jum’at (18/10/2019) di Kantor Desa Wonosari Jalan HR. Soebrantas RT.003 RW.001 Dusun Timur Sari.

Kegiatan dihadiri Ketua TP-PKK Desa Wonosari yang diwakili oleh Entarti, Bidan Desa Wonosari, Yusdierny dan Siti Aisyah, kader PKK, dan kader Posyandu.

Dalam pemaparannya, Yusdierny menjelaskan stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak.

“Stunting adalah suatu kondisi dimana tinggi badan seseorang yang lebih pendek dibanding tinggi badan orang lain pada umumnya. Adapun penyebab anak terkena stunting adalah faktor gizi buruk dan faktor penyakit lain,” ujar Yusdierny.

Ditambahkannya, penyakit stunting memiliki dampak yang sangat buruk yakni selain bentuk tubuh anak yang pendek, perkembangan otak anak juga bakal menurun 30 persen dari anak-anak normal.

“Karena dampak stunting yang begitu besar pada pertumbuhan anak maka diperlukan penanganan serius dengan memberikan asupan gizi pada ibu hamil dan balita serta menjaga lingkungan agar tetap terjamin kebersihannya, jelasnya.

Yusdierny menghimbau kepada seluruh pihak terutama ibu hamil dan orangtua untuk bersama-sama mencegah stunting sejak seribu hari pertama kehidupan.

Beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu pemberian tablet penambah darah bagi ibu hamil, pelaksanaan inisiasi menyusui dini, pemberian ASI ekslusif dan makanan pengganti ASI secara tepat serta bergizi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*