HARI BATIK NASIONAL, PERANGKAT DESA WONOSARI KENAKAN BATIK

WONOSARI – Berdasarkan instruksi Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Perangkat Desa Wonosari mengenakan pakaian batik di Hari Batik Nasional, Rabu (2/10/2019).

Instruksi ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019 yang dibuat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.

Batik telah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO (badan khusus PBB yang membidangi Pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan). tepatnya Pada 2-Oktober-2009, UNESCO memasukkan batik dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Untuk informasi saja, Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presien Soeharto, yang kala itu memakai batik di Konferensi PBB bersama negara-negara lain. Batik juga pernah digunakan oleh tokoh-tokoh dunia, seperti Barack Obama, Nelson Mandela, Zinedine Zidane dan juga Bill Gates (saat mengunjungi Indonsia).

Dikatakan Wahyu Tri Cahyadi selaku Pelaksana Harian Kepala Desa Wonosari, bahwa Perangkat Desa Wonosari menggunakan pakaian seragam batik guna berpartisipasi dan memperingati Hari Batik Nasional sebagai wujud ikut serta melestarikan warisan budaya bangsa. Selain itu, batik juga merupakan salah satu pakaian dinas yang dikenakan oleh Perangkat Desa Wonosari pada setiap kamis siang.

“Mari kita bangga dan melestarikan budaya dan produk asli Indonesia karena batik merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia,” ajak WTC.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan