HARI RABIES SEDUNIA, DISTAN KABUPATEN BENGKALIS BERI VAKSIN HEWAN PENULAR RABIES DI DESA WONOSARI

WONOSARI – Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis melalui Petugas Kesehatan Hewan memvaksin Hewan Penular Rabies (HPR) milik masyarakat Desa Wonosari pada Sabtu (28/9/2019) yang bertepatan dengan Hari Rabies Sedunia.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kewilayahan masing-masing wilayah Desa Wonosari dengan didampingi Ketua RT/RW setempat, beserta Petugas Kesehatan Hewan, DRH. Oryona Romadhon dan DRH. Herman. S.

Vaksinasi ini sengaja dilakukan untuk mencegah penularan penyakit rabies pada HPR seperti anjing, kucing, monyet, dan jenis hewan karnivora lainnya. Vaksin mulai diberikan pada HPR yang berumur 3 (tiga) bulan ke atas.

“Penyakit rabies ini sangat berbahaya jika tak segera ditangani ataupun dicegah. Ini kami lakukan sebagai langkah preventif,” ujar DRH. Oryona Romadhon.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa HPR yang akan dikonsumsi dalam waktu dekat tidak diberikan vaksin karena dikhawatirkan terjadinya keracunan pada orang yang mengonsumsinya.

Selain pemberian vaksin, petugas juga memberikan vitamin atau pengobatan pada hewan yang mengalami masalah pada bulu dan kulitnya. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap hewan yang telah mendapatkan vaksin dipakaikan kalung merah sebagai bukti telah mendapat vaksin.

Pemberian vaksinasi secara gratis ini disambut baik oleh pemilik HPR. Mereka mengatakan senang dengan adanya program ini dan mereka juga bisa memperoleh pengetahuan tentang bagaimana pemeliharaan HPR yang baik dan benar.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan