CEGAH DBD, UPT PUSKESMAS BENGKALIS LAKUKAN FOGGING DI DESA WONOSARI

WONOSARI – Petugas UPT Puskesmas Bengkalis melakukan fogging atau penyemprotan dengan insektisida membasmi nyamuk demam berdarah di beberapa rumah warga pada Senin (16/9/2019) di Jalan HR. Soebrantas RT.004 RW.001 Dusun Timur Sari.

Kegiatan didampingi Kepala Kewilayahan Timur Sari, Mawardi dan Kepala Kewilayahan Mekar Sari, Darman. Pengasapan dilakukan di titik wilayah yang sudah ada pasien yang terkena penyakit DBD.

Mencegah terjadinya DBD, kata Norma Yuliastuti, salah seorang petugas UPT Puskesmas Bengkalis, membutuhkan dukungan dari masyarakat melalui program 3M Plus yakni menutup wadah penampungan air, mengubur atau membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk. “Terakhir menguras atau mengganti air di penampungan air,” pungkasnya.

Norma juga mengatakan bahwa desa bisa melakukan fogging sendiri dengan peralatan yang telah tersedia namun harus berkoordinasi dulu dengan petugas Puskesmas.

“Proses pelaksanaan fogging tidak boleh dilakukan secara sembarangan, perlu adanya koordinasi dengan puskesmas setempat. Fogging yang tidak dilakukan sesuai aturan akan memberikan hasil yang sia-sia dan bahkan bisa membahayakan kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Norma juga berpesan kepada warga yang rumahnya dilakukan pengasapan untuk mengepel lantai rumah dan mencuci gorden atau kain-kain yang terkena pengasapan setelah 1 (satu) jam dilakukannya fogging. Hal ini untuk menghindari keluarga dari pencemaran racun fogging.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*