POKJA IV PKK DESA WONOSARI GENCARKAN CEGAH STUNTING SEJAK DINI

WONOSARI – Pokja IV PKK Desa Wonosari melalui Ketua Poskesdes Desa Wonosari, Yusdierny menggencarkan kepada orang tua untuk mencegah stunting sejak dini pada anak.

Hal ini terlihat dari Lomba Balita Sehat yang diadakan pada Senin (2/9/2019) lalu di Gedung Serba Guna dengan mengangkat tema “Cegah Stunting Sejak Dini”.

Diungkapkan T. Desi Shanty, Ahli Gizi UPT Puskesmas Bengkalis, stunting adalah kondisi tinggi badan lebih rendah dibanding dengan orang lain yang sama usia dengannya.

Stunting dapat diketahui sejak anak berusia 2 tahun dan dapat menghambat tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Anak usia sekolah dapat diketahui mengalami stunting sejak berusia 8-10 tahun.

Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta rutin memeriksakan kondisi kehamilan di pusat pelayanan kesehatan terdekat. Namun untuk anak-anak yang telah berusia balita atau usia sekolah, dapat kita cegah dengan terus memberikan asupan gizi yang seimbang.

Tambah dr. Indra Wahyu, beberapa faktor penyebab stunting diantaranya bayi dengan berat lahir rendah, sering terkena penyakit infeksi atau demam, dan tidak mendapatkan ASI ekslusif karena pemberian ASI dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Sementara untuk tahu apakah tinggi anak normal atau tidak, orang tua harus secara rutin memeriksakannya ke pelayanan kesehatan terdekat. Baik itu membawa si kecil ke dokter, bidan, Posyandu, atau pun Puskesmas terdekat setiap bulan.

“Rutin periksakan anak ke pusat pelayanan kesehatan terdekat dan mulai menerapkan pola makanan sehat dan alami dengan membiasakan anak sarapan di rumah,” tegas T. Desy Shanty.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*