PEMDES WONOSARI GELAR SOSIALISASI STOP BABS

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari menggelar Sosialisasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) pada Jum’at (11/1/2019) di aula Kantor Desa Wonosari, Jalan HR. Soebrantas RT.003 RW.001 Dusun Timur Sari.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Wonosari dan dihadiri oleh petugas UPT Puskesmas Bengkalis, Ketua RT, Ketua RW, kader Posyandu, beserta masyarakat.

“Kami selaku Pemerintah Desa Wonosari mendukung penuh kegiatan ini. Mari kita menggalakkan hidup bersih dan sehat demi mewujudkan Desa Wonosari yang bersih, sehat dan memenuhi syarat kesehatan yang telah ditetapkan,” ujar Suswanto dalam sambutannya.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung Desa Wonosari sebagai desa yang dideklarasikan ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan pada tahun 2019. BABS/Open Defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

“Mari kita ubah perilaku BABS ini, tidak cuma untuk dewasa namun juga anak-anak,” ajak Yurnita Kurniawati, petugas UPT Puskesmas Bengkalis.

Tambah Yurnita, “Demi terlaksananya perilaku Stop BABS ini, tidak harus memiliki jamban yang mewah, namun cukup memenuhi kriteria jamban sehat, diantaranya ada tempatnya, ada lubang pembuangannya, serta tempatnya tertutup dan terang sehingga tidak lembab dan dicemari serangga atau binatang lainnya.”

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan