PEMDES WONOSARI GELAR SOSIALISASI DESA SIAGA AKTIF DAN MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari menggelar Sosialisasi Desa Siaga Aktif dan Musyawarah Masyarakat Desa pada Senin (10/12/2018) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah RT.001 RW.002 Dusun Tanjung Sari.

Kegiatan dihadiri Ketua BPD, H. Maryanto, Ketua TP-PKK sekaligus Bunda PAUD Desa Wonosari, Nuriza, Kepala Kewilayahan, Ketua RT/RW, Petugas UPT Puskesmas Bengkalis, Ns. Diah Tantri Kusumaningtiyas, kader Posyandu, kader BKB, kader lansia, dan tokoh masyarakat.

“Desa siaga aktif adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kedaruratan kesehatan, secara mandiri,” ujar Tantri.

“Untuk menjadi desa siaga aktif, desa harus membuktikan dengan adanya dokumentasi dan terintegrasi dengan pihak- pihak terkait,” tambahnya.

Masyarakat desa siaga harus memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya kesehatan, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa, meningkatkan keluarga yang sadar gizi dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, dan meningkatkan kesehatan lingkungan di desa.

“Mari jadikan desa kita sebagai desa siaga aktif dengan menjadikan masyarakat kita peduli dan tanggap jika terjadi masalah-masalah,” himbau Tantri.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan musyawarah masyarakat desa dalam menentukan tingkat kedaruratan, tingkat keseriusan, serta tingkat perkembangan terhadap beberapa masalah.

Ditemui di tempat tertpisah, Kepala Desa Wonosari menyambut baik hal ini, “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalisir permasalahan kesehatan sehingga Desa Wonosari menjadi desa siaga aktif serta mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat,” harap Suswanto.

Akhir kegiatan, Tantri mengingatkan kepada masyarakat agar selain mengutamakan tumbuh kembang anak juga memperhatikan kebutuhan gizi dan kesehatan lansia terutama yang mengalami pikun.

“Ketika kita kecil, orangtua yang merawat dan menyayangi kita. Maka alangkah indahnya jika kita dewasa, kita pula yang merawat orangtua kita dengan penuh kasih sayang,” pesannya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*