PEMDES WONOSARI GELAR PELATIHAN KAPASITAS PERLINDUNGAN MASYARAKAT TAHUN 2018

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari menggelar pelatihan kepasitas perlindungan masyarakat (Linmas) pada Selasa (13/11/2018) di ruangan Kantor Desa Wonosari, Jalan HR. Soebrantas RT.003 RW.001 Dusun Timur Sari.

Kegiatan dihadiri Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Danramil 01/Bengkalis, Mayor Arm Bismi Tambunan, Babinsa Desa Wonosari, Serda Mustaqim, Bhabinkamtibmas Desa Wonosari, Bripka Novrizal Sumantri dengan didampingi Brigadir Rolly. S, Kaur Kemasyarakatan, Rusbaini, Kepala Kewilayahan Desa Wonosari, serta tokoh masyarakat.

Pelatihan ini diikuti 10 (sepuluh) orang Linmas Desa Wonosari selama 3 (tiga) hari, terhitung sejak tanggal 13 hingga 15 November 2018.

“Linmas adalah polisinya desa, tentaranya desa,” tutur Mayor Arm Bismi Tambunan.

Kepala Desa Wonosari menambahkan, “pelatihan ini guna membangun sinergitas antara linmas, bhabinkamtibmas serta babinsa dalam menjaga keamanan di lingkungan desa”.

Pelatihan diawali dengan pemberian materi serta pengarahan oleh Brigadir Rolly. S tentang hal-hal yang berkaitan dengan tugas, fungsi, hak serta kewajiban dan larangan yang harus dilakukan Linmas. Dalam sesi ini, para linmas juga melakukan tanya jawab tentang berbagai permasalahan dan bagaimana cara mengatasinya.

“Kita diatur dan terikat oleh sistem pemerintahan. Maka lakukanlah kerjasama yang baik dengan berbagai pihak seperti bhabinkamtibmas, babinsa, maupun pranata sosial dalam menciptakan kenyamanan masyarakat,” pesan Brigadir Rolly. S.

Pelatihan dilanjutkan dengan latihan fisik yaitu pelatihan PBB yang dipimpin oleh Serda Mustaqim.

Dikatakan Serda Mustaqim, banyak manfaat dari materi pelatihan PBB. Selain sebagai sarana latihan fisik juga bertujuan untuk melatih sikap disiplin, membentuk sikap dan kepribadian yang tegas. Selain itu menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dan kekompakan, sehingga senantiasa mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

“Ke depan diharapkan pelatihan Linmas dapat meningkatkan kesiapsiagaan Linmas Desa Wonosari dalam upaya menjaga kamtibmas dan kondusivitas wilayah desanya, sehingga tercipta kondisi yang aman dan tentram serta sejahtera demi menjaga dan mengayomi masyarakat. Diharapkan Linmas juga selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas,” harapnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan