PETUGAS UPT PUSKESMAS BENGKALIS LAKUKAN SOSIALISASI PEMANFAATAN BUKU KIA UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK YANG OPTIMAL DI POSYANDU KELAPA GADING

WONOSARI – Petugas UPT Puskesmas Bengkalis melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal pada Selasa (6/11/2018) di Posyandu Kelapa Gading, Jalan HR. Soebrantas RT.004 RW.001 Dusun Timur Sari.

Kegiatan dihadiri Ketua TP-PKK sekaligus Bunda PAUD Desa Wonosari, Nuriza, Bidan Desa, Yusdierny, Petugas UPT Puskesmas Bengkalis, Ns. Diah Tantri Kusumaningtiyas, kader Posyandu, kader BKB, serta para ibu balita.

Dalam sosialisasi ini, Tantri menjelaskan tentang pentingnya buku KIA sebagai alat pencatatan pelayanan kesehatan ibu dan anak sejak ibu hamil, melahirkan dan selama nifas hingga bayi yang dilahirkan berusia 5 tahun, termasuk pelayanan KB, imunisasi, gizi dan tumbuh kembang anak.

“Para ibu harus rutin membaca buku KIA untuk mendalami pengetahuan tentang kesehatan sejak kehamilan dan melahirkan hingga perawatan bayi dan balita agar anak dapat tumbuh kembang dengan optimal,” harap Tantri.

Tambahnya, “Para ibu juga harus sering berkonsultasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak, baik itu melalui kader posyandu, Bidan Desa, maupun petugas kesehatan lainnya.

Hal senada diungkapkan Nuriza. “Buku KIA harus selalu dibaca dan disimpan dengan baik karena buku KIA mempunyai beberapa manfaat yaitu untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal serta memegang peranan penting sebagai alat pencatatan kesehatan ibu dan anak”.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan