KUNJUNGAN DLH TERHADAP PETERNAK AYAM MEKAR SARI

WONOSARI – Dinas Lingkungan Hidup melakukan kunjungan terhadap salah seorang peternak ayam di Dusun Mekar Sari pada Kamis (25/10/2018) di Jalan Wonosari Barat RT.002 RW.003 Dusun Mekar Sari.

Kunjungan dihadiri Kepala Dusun Mekar Sari, Darman, Ketua RW.003, Fathurrahman, H. Lamin dan Ed Efendi dari Dinas Lingkungan Hidup.

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat dan memverifikasi keadaan sebenarnya dari peternakan ayam agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar.

Darman mengatakan, “Masyarakat yang berperan sebagai peternak ayam haruslah bisa menjaga kebersihan agar tidak menimbulkan aroma atau bau tidak sedap yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar”.

Hal serupa diungkapkan pihak DLH bahwa menjaga kebersihan dalam mengelola ternak ayam sangat penting agar tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan.

“Bau atau aroma tidak sedap dari limbah ternak ayam ini mungkin tidak bisa dihindari, namun bisa dilakukan beberapa cara untuk meminimalisir baunya,” ucap H. Lamin.

Tambahnya, “Menjaga kebersihan juga merupakan faktor utama untuk mengurangi dampak buruk yang akan ditimbulkan”.

Dalam kunjungan ini, peternak ayam juga harus menandatangani Surat Pernyataan untuk mengelola peternakan ayam ini dengan baik.

Ed Efendi berharap peternak mematuhi hal-hal yang tercantum di dalam Surat Pernyataan.

“Patuhilah hal-hal yang tercantum di dalam Surat Pernyataan, dan selesaikan segala permasalahan dengan kata mufakat dan silaturrahmi,” pesannya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan