SERUNYA PELATIHAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DAUR ULANG BAHAN BEKAS

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari mengadakan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Daur Ulang Bahan Bekas pada 19-21 Oktober 2018 di Aula Kantor Desa Wonosari.

Kegiatan diikuti oleh guru TKQ, TPQ, MDA, dan PAUD se-Desa Wonosari serta ibu-ibu PKK dan alumni mahasiswan yang baru saja lulus dari Perguruan Tinggi.

Pelatihan ini dilakukan untuk memberdayakan masyarakat agar dapat lebih kreatif dalam mendaur ulang bahan bekas guna menambah pemasukan ekonomi keluarga.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pengolahan limbah kertas dan pengolahan cangkang biji para. Pelatihan dipandu Maria Lafina, Pengelola Rumah Kreatif Bengkalis, dan Dahlan, masyarakat Bantan Tua yang ahli dalam pengolahan cangkang biji para.

Dalam sesi ini, peserta mencoba mengolah limbah kertas menjadi beberapa kerajinan dan mengolah cangkang biji para menjadi bunga. Kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh peserta.

Maria Lafina mengungkapkan, “Semoga Desa Wonosari dapat menjadi pilot project dalam pemanfaatan daur ulang bahan bekas sehingga menjadi barang yang mempunyai nilai guna”.

Hal ini disambut baik oleh Kepala Desa Wonosari. “Kami berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat baik dari segi pendapatan ekonomi maupun dapat dijadikan home industry serta dapat menjadikan Desa Wonosari sebagai salah satu desa yang menyediakan oleh-oleh maupun souvenir untuk para wisatawan”.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan