PEMDES WONOSARI GELAR RAPAT PERUBAHAN RKPDes TAHUN ANGGARAN 2018

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari menggelar rapat perubahan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa Tahun Anggaran 2018 pada Senin (10/9/2018) di ruang rapat Kantor Desa Wonosari.

Rapat dihadiri Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Sekretaris Desa, Wahyu Tri Cahyadi, Ketua BPD, H. Maryanto, Kepala Urusan, Kepala Seksi, Kepala Kewilayahan, dan anggota rapat lainnya.

Perubahan RKPDes ini terkait dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Penyelarasan dan Penguatan Kebijakan Percepatan Pelaksanaan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. SKB 4 Menteri merupakan upaya dalam menyelaraskan kementerian untuk lebih mengefektifkan pembangunan desa dan pemanfaatan Dana Desa untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Salah satu fokus SKB 4 Menteri adalah memasukkan pelakasanaan padat karya tunai di desa. Dari program tersebut disepakati bahwa penggunaan dana desa untuk kegiatan pembangunan Desa, di mana paling sedikit 30% wajib digunakan untuk membayar upah masyarakat dalam rangka menciptakan lapangan kerja di desa;

Hal inilah yang menjadi topik utama dalam pembahasan rapat perubahan RKPDes. RKPDes harus mengacu pada SKB 4 Menteri tersebut.

“Kita melakukan perubahan RKPDes disebabkan RKPDes kita belum sesuai dengan SKB 4 Menteri,” ujar Suswanto.

Untuk menyesuaikan RKPDes dengan SKB 4 Menteri maka terjadi perubahan pagu anggaran pada beberapa bidang diantaranya bidang penyelenggaraan pemerintah desa, bidang pembinaan dan pemberdayaan, serta bidang pembangunan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan