PEMDES WONOSARI ADAKAN SOSIALISASI TINDAK PIDANA KORUPSI

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari mengadakan Sosialisasi Tindak Pidana Korupsi pada Jum’at (31/8/2018) di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah RT.001 RW.002 Dusun Tanjung Sari.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Inspektur Pembantu I Inspektorat Bengkalis, Eri Ibrahim, Kasubsi Ekonomi, Keuangan dan Pengamanan Pembangunan Strategis Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Bengkalis, Agrin Nico Reval, Kaur Kemasyarakatan, Rusbaini, Ketua LKMD, Mohd. Kusmayadi, Kepala Kewilayahan, Ketua RT, Ketua RW, Ketua TP-PKK, Nuriza, tokoh masyarakat, pemuda, dan para undangan lainnya.

“Kegiatan ini diselenggarakan guna memberikan informasi dan pembelajaran agar kita mampu mencegah tindakan korupsi sedini mungkin di lingkungan kita,” ujar Suswanto dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Menurutnya, “semua pihak harus mengetahui tata cara penggunaan dana desa dengan baik agar tidak terjadi penyimpangan yang melanggar peraturan perundang-undangan”.

Hal serupa juga diungkapkan Eri Ibrahim. “Peran Kepala Desa sangat penting untuk mengawasi tindak pidana korupsi yang terjadi di pemerintahan desa dengan cara memonitoring segala kegiatan yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintah desa”.

Dalam sosialisasi, narasumber menjelaskan berbagai strategi pencegahan tindak pidana korupsi beserta ancaman hukum yang diterima jika melakukan pelanggaran terhadap tindakan tersebut.

“Jika kita ragu dalam melakukan sesuatu, konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak yang berwenang,” pesan Eri Ibrahim.

Agrin Nico Reval, mengatakan bahwa korupsi adalah perbuatan yang merugikan negara. Oleh karenanya pencegahan tindak korupsi harus dilakukan bersama-sama, mulai dari diri sendiri, keluarga, institusi dan masyarakat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan