PUSKESMAS BENGKALIS ADAKAN SOSIALISASI PHBS DI DESA WONOSARI

WONOSARI – Petugas Kesehatan Puskesmas Bengkalis mengadakan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Tatanan Rumah Tangga pada Rabu (29/8/2018) di Poskesdes Desa Wonosari, Jalan Wonosari Tengah RT.001 RW.002 Dusun Tanjung Sari.

Kegiatan dihadiri Ketua TP-PKK Desa Wonosari, Nuriza, Petugas Kesehatan Puskesmas Bengkalis, Ariyani, beserta kader-kader PHBS Desa Wonosari.

Ariyani, mengatakan bahwa seluruh rumah tangga harus mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

Rumah Tangga Sehat adalah rumah tangga yang melakukan 10 (sepuluh) PHBS di Rumah Tangga yaitu Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Dalam kegiatan ini, Ariyani berharap agar kader PHBS melakukan pendataan dan pembinaan kepada rumah tangga tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kader PHBS di setiap desa adalah 1 (satu) orang per RT dengan dibantu ibu RT dan 1 (satu) orang kader bantu,” tutur Ariyani.

Lebih lanjut Ariyani menjelaskan, “Pendataan PHBS dilakukan per Rumah Tangga, bukan per Kepala Keluarga. Usai pendataan maka kader PHBS akan melakukan pembinaan misalnya melalui pertemuan di majelis ta’lim maupun pertemuan lainnya”.

Ketua TP-PKK Desa Wonosari, Nuriza, berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat demi menjaga kesehatan keluarganya masing-masing.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan