KADES WONOSARI SHALAT IDUL ADHA DI MASJID AL MANAR

WONOSARI- Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1439 H di RW.002 Dusun Tanjung Sari Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis dilaksanakan di Masjid Al-Manar berlangsung khidmat dan khusyuk pada Rabu (22/08/2018).

Sholat idul Adha tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto bersama ratusan warga RW.OO2 Dusun Tanjung Sari, Desa Wonosari.

Meski sempat di Guyur Hujan subuh hari nya tidak menyurutkan niat dan khusyuk nya pelaksanaan sholat idul adha. Sholat dilaksanakan di Ruang dalam dan bagian halaman Masjid. Adapun yang bertugas menjadi Imam yaitu Ispandi, S.Ag dan dilanjutkan pembacaan khutbah idul adha yang disampaiakan oleh yaitu Arwani, S.Ag.

Dalam kesempatan tersebut Suswanto menyempatkan berbincang-bincang dengan warga sekitar setelah rangkaian sholat ied selesai, Beliau menyinggung terhadap tradisi kenduri usai sholat ied yang semakin menurun. Jama’ah masjid Al-Manar sendiri hingga saat ini masih mempertahankan tradisi tersebut.

“Saya sangat berharap tradisi tersebut harus tetap dijaga sampai kapanpun. bahkan sampai anak cucu kita nanti. khususnya saya himbau kepada masjid-masjid lain yang ada di Desa Wonosari untuk dapat menjalankan tradisi tersebut,” ungkapnya.

Tradisi kenduri usai sholat ied merupakan tradisi doa bersama yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama masyarakat jama’ah masjid. makanan dibawa masing-masing oleh warga dari rumah. Tradisi ini merupakan tradisi orang-orang penduduk asli yang mayoritas berasal dari suku jawa terdahulu di Desa Wonosari yang bertujuan mendapatkan berkat dan rahmat dari Allah dan mempererat tali silaturahmi.

“Mengingat ini merupakan tradisi orang-orang tua kita dahulu, alangkah baikknya ini dapat dilestarikan sampai keanak cucu,” lanjutnya.

Beliau juga berharap kepada seluruh jama’ah Masjid Al-Manar untuk tetap mempertahankan tradisi yang telah ada sehingga dapat mewujudkan ukhuwah islamiah yang kuat dan erat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan