PUSKESMAS BENGKALIS ADAKAN KELAS IBU HAMIL DI WONOSARI

WONOSARI – Puskesmas Bengkalis mengadakan kegiatan kelas ibu hamil untuk warga Desa Wonosari pada Kamis (19/7/2018) pukul 10.30 WIB di Poskesdes Desa Wonosari, Jalan Wonosari Tengah RT. 001 RW. 002 Dusun Tanjung Sari.

Kegiatan dihadiri oleh Bidan Desa Wonosari, Yusdierny dan Siti Aisyah, Bidan dari Puskesmas Bengkalis, Tri Wahyuni dan Silvi Miranti, dan ibu-ibu hamil di Desa Wonosari.

Kegiatan kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, melalui praktik dengan menggunakan buku KIA (Kesehatan Ibu Anak). (Depkes, 2009 : vii)

Tri Wahyuni menjelaskan berbagai pengetahuan dasar tentang kehamilan. Ia juga menjelaskan tentang tanda-tanda awal kehamilan, beragam makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, mitos tentang kehamilan, persiapan yang harus dilakukan selama masa kehamilan serta konsultasi dan tanya jawab bersama ibu hamil.

“Periksakan kehamilan secara rutin, minimal 4x dalam masa kehamilan,” tegasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Bidan Desa, Yusdierny. “Ibu hamil boleh melakukan pemeriksaan dimana saja, namun harus tetap melaporkan kehamilannya kepada Bidan Desa. Hal ini untuk memudahkan Bidan Desa menghubungi jika terjadi sesuatu hal maupun adanya program pemerintah yang berkaitan dengan ibu hamil.

“Rujukan dari Bidan Desa juga penting ketika ibu hamil akan melakukan proses persalinan di Rumah Sakit maupun untuk kepentingan lainnya,” tambah Tri Wahyuni.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan