Pilih Ketua RT, Warga Wonosari RT.03 RW.02 Gelar Pemilihan Langsung Ala Pemilu

Exif_JPEG_420

Wonosari,(wonosari.desa.id)–Pesta demokrasi tidak hanya diterapkan melalui Pilkades, Pilkada, Pilgub maupun Pilpres saja. Tetapi sebagi wujud pembelajaran dalam berdemokrasi juga dilakukan oleh warga RT 03/ RW 02 Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, melalui pemilihan langsung ketua Rukun Tetangga (RT). hal ini sebagai motivasi dan mendidik warga untuk belajar demokrasi yang sebenarnya.

Pemilihan Ketua RT.03 Dusun Tanjung Sari

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT 03 – RW 02  Desa Wonosari, Bapak Kadianto (49) mengucapkan terima kasih kepada semua warga RT.03 yang telah ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan pemilihan ketua RT ini, dia mengharapkan kerjasama kepada semua warga, dan untuk nantinya kepada ketua RT terpilih agar dapat bekerja sama dengan warga.

Bapak Kadianto menyebutkan, proses pemilihan ini diawali dengan menjaring bakal calon ketua RT dengan peryaratan dan ketentuan yang telah disepakati, dan akhirnya terpilih 3 orang Bakal Calon (Balon) ketua RT.03 masing-masing, Bapak Wagiman sebagai Balon No. Urut 1, Bapak Handes Tampubolon, S.Pd sebagai Balon No. Urut 2 dan Bapak Suhardi sebagai Balon No. Urut 3.

Penghitungan Suara

Setelah beberapa bakal calon ditetapkan menjadi calon ketua RT, tahapan selanjutnya panitia memberikan surat undangan ke semua warga untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan ketua RT. Adapun jumlah daftar pemilih tetapnya yang memiliki hak suara sebanyak 208 pemilih.

Dijelaskan, pemilihan Ketua RT ini digelar seperti dalam pemilu pada umumnya, yakni pemilih datang ke TPS dan mencoblos calon di dalam bilik suara. Usai mencoblos, pemilih kemudian memasukkan suart suara ke dalam kotak suara dan sebelum keluar TPS ditandai dengan tinta suara.

Dalam kegiatan Pemilihan Ketua RT. ini panitia tidak menarik biaya bagi para Bakal Calon RT.  Kepala Desa Wonosari Bapak Suswanto, sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan Ketua RT.03  itu. Hal itu membuktikan dukungan warga terhadap lingkungan sangat besar.

Sambutan Kades Wonosari

Pemilihan ketua RT di sisni sangat unik karena baru pertama kali dilakukan sebagai pembelajaran warga menyalurkan aspirasi sesuai hati nuraninya. Sebelumnya, pemilihan Ketua RT dengan cara penunjukan dan biasanya menimbulkan konflik jika banyak warga yang tidak suka,” Kehadiran warga lebih antusias. Hal ini mungkin karena pemilihan ketua RT akan dirasakan langsung warga lima tahun ke depan,” tutur Kepala Desa”.

Usai perhitungan suara, pasangan calon nomor 1 Saudara Wagiman memperoleh 65 suara, nomor 2 Handes Tampubolon, S.Pd memperoleh 35 suara, nomor 3 Suhardi memperoleh  58 suara, Jumlah suara sah 158 suara, suara tidak sah 0 suara, suara Golput 3 suara jumlah suara 161 suara.

Pemilihan ketua RT secara langsung ini dilakukan pertama kali oleh RT 03 RW.02  Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis, bertepat tanggal 11 Februari 2018 hari minggu, bertempat di kediaman salah seorang Tokoh Masyarakat RT.03 Bapak Mulyadi.(Zam.id.desa)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan