MANUSIA DAN HAMA. SIAPA YANG MEMULAI MASALAH???

WONOSARI-Nanas merupakan buah yang hidup di Daerah kawasan Tropis yang mana buah Nanas memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat luarbiasa bagi kesehatan tubuh seperti Memperkuat sistem kekebalan tubuh, kaya Vitamin C, baik untuk tulang, baik untuk orang perokok, kesehatan pencernaan dan masih banyak lagi kandungan yang terdapat di Buah Nanas.

“Di Kabupaten Bengkalis-Riau kususnya di Desa Wonosari, sangat terkenal dengan potensi Buah Nanas dan juga merupakan penghasil Buah Nanas terbesar di Kabupaten Bengkalis. Tapi sayangnya, dari tahun ketahun potensi Buah Nanas semakin bekurang dikarenakan hama yang menyerang pertani Nanas di Desa Wonosari.

 

Dari informasi yang kami dapat pada tanggal (30/11/2017) petani Nanas banyak mengeluh dengan adanya hama yang tidak dapat diatasi seperti tikus, musang, dan monyet yang tiap hari menyerang perkebunan warga. Sebut saja Bapak Pardan salah satu petani Nanas yang memiliki luas lahan yang sangat besar di Desa Wonosari RT.002 RW.003 yang saat ini sebagian perkebunannya berpindah menjadi kebun Karet dikarenakan hama yang terus memberontak perkebunan Nanasnya.

“Karena sering terjadinya kebakaran hutan, penebangan liar dan banyak juga masyarakat yang menebang seluruh lahannya untuk dijadikan bisnis jual beli tanah, maka dari itu binatang-binatang kekurangan sumber makanan dan tempat tinggal hingga menjadi hama bagi lahan pertanian masyarakat bahkan hingga kerumah-rumah warga.

Awalnya saya bisa mendapatkan hasil Nanas Rp.3.000.000 – 3.500.000 per Bulan, dikarenakan hama yang terus menyerang saat ini para petani Nanas sudah banyak yang beralih profesi seperti menanam sayur-sayuran. dan saat ini para petani Nanas pun tidak dapat mengharapkan dari hasil panennya untuk kebutuhan hidupnya. Tetapi apabila kita pikirkan dengan pola pikir yang jernih, sema itu juga berawal dari kesalahan manusia yang ceroboh membuka lahan dengan cara membakar lahan, hingga hewan mamalia, unggas, serangga dll hingga kehilangan sumber makanannya.”prastiyo”

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan