KEGIATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1439 H DI RW.02 DESA WONOSARI

Peringatan Maulidul Rasul 1439 H/2017 M

WONOSARI. Minggu  (3/12/2017) bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad saw di RW.02 Desa Wonosari berjalan dengan lancar. Acara yang diawali dengan Sholat Dhuha dan Sholat Taubat bersama, yang dipimpin langsung oleh Ustadz H. Muhammad Azhar, MA dari Duri Kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini sebagai momen untuk  mendekatkan diri kepada sang junjungan. Perayaan Maulid Nabi Muhammad merupakan sebuah momen tempat umat Islam serasa kembali ke zaman nabi. Tema Kegiatan ini Mengangkat “Eratkan Tali Silaturrahmi, contoh Suri Tauladan Rasulullah SAW, Jalankan Ibadah dan Muammalah sesuai Syari’at dan Sunnah”.

    

Pembacaan Suci Alqur’an oleh Ananda Naylasta Azzahra, Sambutan Ketua Panitia dan Sambutan Kepala Desa

Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad saw, yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal (kalender Islam). Sebenarnya ada dua versi tentang kelahiran Muhammad. Namun menurut riwayat yang bersumber dari ahlul bait Nabi, beliau lahir saat terbit fajar, hari Jumat 17 Rabiul Awwal tahun gajah. Bagaimanapun versinya, malam kelahiran Nabi adalah malam yang sangat mulia. Muhammad lahir di Mekkah dari seorang ibu bernama Aminah dan ayahnya Abdullah. Kakek Nabi Muhammad bernama Abdul Muththalib. Dalam menyambut Maulid Nabi, tidak ada anjuran membaca doa khusus untuk dibaca. Namun, umat muslim dianjurkan untuk membaca salawat nabi sebanyak-banyaknya, sebagai ungkapan rasa cinta kepada Baginda Rasul.

Marhaban oleh Kaum Ibu RW.02 Desa Wonosari

Salawat nabi itu dapat dibaca pagi, siang, sore, ataupun setelah mengerjakan salat lima waktu. Kegiatan diawali dengan rebana oleh anak-anak MDTA Miftahul Khairiyah dengan melantunkan lagu-lagu pujian kepada Nabi. diteruskan dengan Pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Santri TPQ Miftahul Khairiyah  Ananda Naylasta Azzahra, dan dilanjutkan dengan Sambutan oleh Kepala Desa Wonosari yang diwakili oleh Bapak Ketua LKMD Desa Wonosari Bapak Muhammad Kusmayadi. Dia mengatakan bahwa Kegiatan Maulidul Rasul merupakan suatu momentun kita untuk mengeratkan Tali Silaturrahmi antara kita sesama, sebagai Rajut cinta kasih kita kepada Nabi, ciptakan Suri Tauladan yang baik sebagai teladan kita kepada Rasulullah SAW. Kegiatan semakin meriah dan haru menandakan cintanya kita kepada Rasul ditandai dengan Marhaban (lagu-lagu pujian kepada Nabi Muhammad SAW) yang dilantunkan oleh Kaum Ibu RW.02 Desa Wonosari.

Tausiah oleh Ustadz H. Muhammad Azhar, MA

Dilanjutkan dengan Tausiah Agama yang disampaikan oleh Ustadz H. Muhammad Azhar, MA, dalam tausiahnya beliau mengatakan bahwa bahwa kita dituntut untuk mengikuti langkah-langkah Nabi Muhammad SAW dengan selalu taat kepada Allah, ikuti semua aturanNya. bahwa kita harus selalu bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT, seperti keteladannya Nabi Muhammad SAW. Walaupun Nabi Muhammad sudah diutus sebagai Nabi dan Rasul, namun kepribadian Nabi Muhammad tetap konsisten sebagai hamba yang selalu bersyukur kepada Allah SWT. Hal ini terlihat dalam kehidupannya sehari-hari Rasullulah. (Nzw)

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan