Pelatihan Life Skill (Keterampilan Menjahit) Pemerintah Desa Wonosari Tahun 2017

"Pembukaan Pelatihan Life Skill (Kursus Menjahit) Pemerintah Desa Wonosari 2017

Wonosari. Perubahan Zaman semakin berubah, kebutuhan manusiapun turut meningkat. Masyarakat sebagai kumpulan manusiapun meningkat kebutuhannya. Salah satu dari yang dibutuhkan masyarakat adalah kebutuhan akan sandang atau pakaian. Sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi, pakaian tidak hanya dipakai untuk menutupi dan melindungi dirinya saja, tetapi juga untuk keindahan. Oleh karena itu muncullah mode pakaian. Mode pakaian yang ada terus berkembang pesat sehingga pakaian menjadi industri yang cukup diperhitungkan. Adanya lembaga kursus menjahit dan pelatihan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang menjahit dan industri pakaian.

Pendidikan formal yang hanya mengandalkan teori dan terbatas pada kualifikasi pendidikan SLTP dan SMU dan tidak memiliki skill atau keterampilan khusus, nampaknya tidak cukup dan tidak dapat diandalkan untuk mengisi lapangan kerja yang tersedia atau membuka lapangan kerja secara mandiri. Keterampilan menjahit yang dimiliki dapat memberi harapan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan.

“Pembukaan Pelatihan Life Skill (Kursus Menjahit), Oleh Bapak Kepala Desa Wonosari”

Pelatihan atau kursus menjahit nyatanya memberikan solusi bagi masyarakat, khususnya para generasi muda yang berpendidikan rendah dan tidak memiliki pengetahuan keterampilan menjahit yang dapat memberi peluang untuk membuka usaha mandiri.

Keterampilan menjahit yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan keterampilan dan menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor industri kecil dan mengurangi angka pengangguran. Serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat itu sendiri. Bagi masyarakat kurang mampu sangat membantu sekali dalam membantu perekonomian mereka.

Kegiatan Pelatihan Life Skill (Keterampilan Menjahit) dilaksanakan pada hari Jum’at (17/11/2017), di Aula Kantor Desa Wonosari Jl. HR. Soebrantas Wonosari Timur. Dalam sambutannya Kepala Desa Wonosari Bapak Suswanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda, khususnya masyarakat kurang mampu yang ada di Wonosari.  Dalam kegiatan ini di ikuti 10 orang peserta putri dari masyarakat Desa Wonosari.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua BPD Bapak H. Maryanto, Ketua LKMD Bapak Muhammad Kusmayadi, Kepala Desa Wonosari Bapak Suswanto, dijelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara berkala.

 

 

Dalam Ulasannya Bapak Kepala Desa Wonosari Bapak Suswanto (Landong) dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis ini, kami merencanakan akan menyelenggarakan program kursus keterampilan menjahit secara berkelanjutan. Menjahit merupakan salah satu jenis ketrampilan dan usaha yang dapat dilakukan oleh siapa saja karena usaha ini tergolong murah biayanya dan mudah untuk dipasarkan hasilnya.

Peserta kursus dari program ini adalah para ibu-ibu dan remaja yang kurang mampu. Setelah mengikuti program ini warga diharapkan mampu memperoleh ketrampilan dalam menjahit dan mampu untuk mengembangkan usaha, sehingga taraf ekonominya terbantu.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan