LOMBA CIPTA MENU B2SA DESA WONOSARI

WONOSARI – Kelompok Kerja (POKJA) III PKK Desa Wonosari mengadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) pada Kamis (16/11/2017) siang. Kegiatan ini dipusatkan di gedung Serba Guna jalan Wonosari Tengah Desa Wonosari.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua TP-PKK Desa Wonosari, Nuriza, Ketua TP PKK Kecamatan Bengkalis yang dalam hal ini diwakili oleh sekertaris TP-PKK Kecamatan, Nurazlina, tim penilai lomba menu B2SA yang terdiri dari ahli gizi T.Desy Shanty, ketua pokja III PKK Kecamatan, Hj.Elisyamsi.

Adapun tujuan dari dilaksanakan lomba Cipta Menu B2SA ini adalah selain menggali potensi pangan sumber karbohidrat non beras, kegiatan ini juga untuk mengembangkan kreativitas ide-ide baru dalam penyajian makanan sehari-hari sehingga dapat mengembalikan lagi cita rasa orisinil dari sebuah makanan yang saat ini kalah saing dengan makanan modern / cepat saji.

B2SA atau yang kepanjangannya Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman adalah aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin & mineral, yang bila dikonsumsi dalam jumlah berimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan, dan aman bagi tubuh. Peserta yang diikuti oleh perwakilan setiap RW di Desa Wonosari mengolah bahan pangan non beras menjadi sajian yang menarik. selain memperhatikan bahan pangan, peserta juga harus memperhatikan jumlah takaran yang seimbang dan sesuai untuk kecukupan gizi yang dianjurkan.

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Desa Wonosari Nuriza mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan menu B2SA, mengingat bahwa ketahan pangan sangat penting dan kebutuhan dasar manusia yang paling utama.

“Saya berharap dengan kegiatan ini serta ilmu yang didapat dari kegiatan ini dapat diterapkan ditengah-tengah keluarga kita, mempraktekkan menu-menu baru yang berbasis B2SA,” harapnya.

Selain itu, ia menyampaikan kepada para peserta untuk bisa memberikan yang terbaik. Beliau mengingatkan bahwa kalah menang dalam perlombaan itu adalah hal biasa, untuk tidak kecil hati dengan keputusan dewan juri, karena keputusan dewan juri merupakan adalah hasil terbaik yang sudah melalui penilaian yang terbaik juga.

Dalam lomba tersebut, RW.003 berhasil meraih juara pertama dengan menu andalan mereka yang berhasil memikat tim juri yaitu Lontong dari tepung pisang yag dipadukan dengan sayur tauco telur puyuh. Disusul posisi kedua yaitu perwakilan dari RW.004 kemudian RW.001 tempat ketiga dan RW.002 mendapat harapan 1. (FPY)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*