MUSRENBANGDES WONOSARI BENGKALIS 2018

WONOSARI – Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Wonosari, Pemerintah Desa Wonosari menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Tahun 2018 pada Senin (30/10/2017).

Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil Musdus. Hasil dari musrenbang desa akan diusulkan di tingkat Kecamatan.

Pemerintah Desa Wonosari sendiri sudah melaksanakan beberapa tahapan kegiatan musyawarah untuk tahun 2018. Kegiatan musyawarah dimulai dengan Musyawarah Dusun yang dilakukan tiap-tiap dusun yang mengusulkan serta memutuskan prioritas pembangunan yang akan diusulkan dan kemudian dilanjutkan dengan musdes antara pemerintah Desa, RKP Tim 11 dan BPD Wonosari.

Sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Desa, disebutkan bahwa Perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa.

Hadir dalam Musrembangdes tersebut Camat Bengkalis, Sapon,SH, Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Ketua BPD dalam hal ini diwakuli oelh Wakil Ketua, Kasidin beserta anggota, RT/RW, Kepala Dusun, tokoh masyarakat/agama dan perwakilan setiap anggota kelembagaan yang ada di Lingkungan Desa Wonosari.

Dalam sambutannya Kepala Desa Wonosari Suswanto mengatakan, Kegiatan musrenbangdes ini merupakan untuk menyampaikan usulan-usulan kegiatan yang belum terealisasi serta penyampaian usulan dan aspirasi masyarakat mengenai pembangunan Desa Wonosari.

Beliau juga berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan mengajak kepada para peserta musyawarah untuk dapat bertukar fikiran, berbagi informasi dan memberi masukan untuk pembangunan desa.

sementara itu,Camat Bengkalis, Sapon mengajak pemerintah dan masyarakat Desa untuk berani mengusulkan setiap kegiatan didesa. Memanfaatkan wadah musyawarah rencana pembangunan untuk menyusun rencana kegiatan untuk pembangunan Desa serta pihak kecamatan siap menampung, meneruskan dan merealisasikan usulan prioritas kegiatan pembanguna desa. (FPY)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*