5 FAKTA UNIK TENTANG R.A. KARTINI

Di Indonesia, tanggal 21 April merupakan hari yang sangat penting bagi perempuan Indonesia. Sebab di hari itu wanita Indonesia memperingati Hari Kartini. Hari Kartini dianggap sebagai simbol perjuangan kaum wanita atas hak-haknya di bumi Indonesia. Perjuangan hak-hak wanita ini kemudian dikenal dengan istilah emansipasi wanita.

Penetapan Hari Kartini sendiri dilakukan langsung oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, pada tanggal 2 Mei 1964 melalui Keputusan Presiden No. 108. Tanggal 21 April dipilih karena pada hari itulah sosok pejuang hak kaum wanita, R.A. Kartini lahir ke bumi Indonesia.

Beberapa fakta menarik tentang R.A. Kartini diantaranya:

1. Habis Gelap Terbitlah Terang
Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” dianggap merupakan karya fenomenal dari R.A. Kartini. Namun, tahukah anda kalau sebenarnya R.A. Kartini tidak pernah menulis buku tersebut. Adalah J.H. Abendannmenamai yang menyusun buku itu. Buku itu sebenarnya merupakan kumpulan surat R.A. Kartini kepada temannya yang kemudian dikumpulkan oleh J.H. Abendanonmenamai. Buku itu diberi judul “Door Duisternis tot Licth” yang secara harfiah berarti Habis Gelap Terbitlah Terang.

2. Vegetarian
Kartini menyebutkan dalam salah satu suratnya kepada Rosa Abendanon bahwa ia memutuskan untuk pantang makan daging. Keputusannya untuk tidak makan daging, alias jadi vegetarian ini bahkan sudah Kartini lakukan sebelum rutin berkontak via surat dengan Rosa Abendanon.

3. Meninggal Pada Usia 25 Tahun
Walaupun dalam lagu Ibu Kita Kartini karangan W.R. Supratman sosok Kartini disebut sebagai ibu, sebenarnya Kartini meninggal pada usia yang terbilang masih muda. Ia meninggal pada umur 25 tahun, beberapa hari setelah melahirkan.

4. Istri Keempat
Orangtua Kartini menyuruh putrinya itu untuk menikah dengan Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang sudah pernah memiliki tiga istri.

5.Jalan Kartini
Bukan cuma di Indonesia, beberapa kota di Belanda juga memakai Kartini sebagai nama jalan. Seperti di Amsterdam, Utrecht, Venlo, dan Haarlem.(Sumber: www.google.com)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan