Sosialisasi Pengembangan IRT, Warga Wonosari Antusias Berbagi Pengalaman

Narasumber Sedang Berinteraksi Bersama Para Pelaku IRT Desa Wonosari

WONOSARI – Pemerintahan Desa Wonosari mengadakan kegiatan sosialisasi Pengembangan Industri Rumah Tangga (IRT) pada Kamis (27/10/2016) bertempat di Gedung Serba Guna, Jalan Wonosari Tengah, Dusun Tanjung Sari.

Tampak hadir Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Ketua LKMD, Kusmayadi, Ketua KADIN Kabupaten Bengkalis, Masuri, Direktur Eksekutif KADIN Provinsi Riau, Kholis Ramli, Dosen Universitas Islam Riau, Syahdanur, dan 50 peserta sosialisasi yang merupakan pemilik industri rumah tangga di Desa Wonosari.

“Kegiatan ini harus menjadi penyemangat masyarakat yang menggeluti Industri Rumah Tangga untuk lebih mengembangkan potensi usaha dan meningkatkan kuantitas dari produksi usahanya,” ujarnya sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Kegiatan yang bertema “Membekali Penggiat Industri Rumah Tangga Dengan Pengetahuan Sistem Ekonomi Kreatif Agar Dapat Meningkatkan Produktivitas Kelompok Industri Rumah Tangga (IRT) ini memberikan sesi tanya jawab kepada para peserta. Kesempatan ini digunakan untuk bertanya kepada para narasumber mengenai cara meningkatkan produksi usaha dan pendapatan, serta menceritakan berbagai kendala yang dihadapi terutama harga bahan pokok yang semakin melambung.

Ketua KADIN Kabupaten Bengkalis, Masuri, menyampaikan KADIN merupakan satu-satunya lembaga yang bersifat mandiri, yang mempunyai ruang gerak sangat luas, mencakup seluruh sub sektor perekonomian dan bidang usaha yang dilindungi Undang – Undang No.1/1987 yang AD/ART nya disahkan melalui Keppres 17 tahun 2010.

“KADIN siap memfasilitasi kegiatan Usaha Industri Rumah Tangga dalam mendapatkan izin dari dinas-dinas terkait dan juga pelabelan produk sehingga sesuai dengan standarisasi produk yang ada pada saat ini,” tegasnya.

Ketua KADIN Kabupaten Bengkalis Sebagai        Narasumber Sedang Menyampaikan Materinya

Sebagai bentuk keseriusan untuk mengembangkan produk pelaku usaha, KADIN Bengkalis akan menjadikan Desa Wonosari sebagai Pilot Project.

“KADIN tidak hanya memberikan solusi tapi siap terjun langsung untuk mendampingi pelaku usaha dalam meningkatkan produksi usaha dan juga mencarikan pasar untuk produk yang dihasilkan pelaku usaha tersebut,” tambahnya.

Direktur Eksekutif KADIN Provinsi Riau Sedang Memberikan Motivasi dan Semangat Kepada Pelaku IRT

Direktur Eksekutif KADIN Provinsi Riau, Kholis Ramli, mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama yang solid antara pihak – pihak terkait seperti Pemerintah, KADIN, para akademisi dan juga masyarakat pelaku usaha maka akan dapat menciptakan peningkatan produksi usaha dan taraf hidup pelaku usaha tersebut.

Perwakilan Narasumber dari Universitas Islam Riau Sedang Berbagi Pengalaman dengan Pelaku IRT Desa Wonosari

Tambah Syahdanur, “Masyarakat harus siap untuk bekerja keras dan juga merubah diri untuk meningkatkan produksi dan juga taraf hidup mereka.” (BE)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan