WONOSARI GIAT BENAHI POSYANDU

WONOSARI – Pemerintah Desa Wonosari mengadakan kegiatan sosialisasi pengembangan posyandu pada Kamis (21/10/2016) di Gedung Serba Guna Desa Wonosari, Dusun Tanjung Sari. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja posyandu Desa Wonosari untuk terciptanya masyarakat yang sehat.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Ketua TP PKK Desa Wonosari, Nuriza, perwakilan dari UPT Puskesmas, T. Desy Shanty, Ketua Poskesdes Desa Wonosari, Yusdierny, kader-kader posyandu dan anggota PKK Desa Wonosari.

“Posyandu harus selalu mengintrospeksi kinerjanya baik dari sistem pelayanan, tata kelola administrasi, serta fasilitas-fasilitas yang diperlukan,” ujar Suswanto dalam sambutannya.

Posyandu terdiri dari dua pos, yakni posyandu balita dan posyandu lansia yang digerakkan oleh masyarakat. Secara umum mekanisme kedua posyandu ini sama namun posyandu lansia lebih cenderung sebagai wadah penyegaran dan rileksasi para lansia dari aktifitasnya sehari-hari.

“Semakin banyak jumlah lansia maka usia harapan hidup (UUH) akan semakin meningkat,” jelas Yusdierny.

Dikatakan Yusdierny, tugas posyandu lansia tidak hanya sekedar melakukan pemeriksaan kesehatan namun juga harus melakukan berbagai kegiatan yang menunjang kesehatan para lansia, diantaranya senam lansia atau jalan santai, dan berbagai kegiatan lain yang bermanfaat.

Hal serupa juga harus dilakukan posyandu balita, yaitu melakukan aktifitas-aktifitas yang berfungsi untuk mengaktifkan gerakan motorik maupun kecerdasan balita seperti

mencanangkan senam anak ayam dan bebek berenang. Balita juga bisa diajak untuk berlatih mencuci tangan memakai sabun dan membaca doa-doa pendek ketika berkunjung ke posyandu usai melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kader-kader posyandu harus murah senyum dan ramah,” tegas T. Desy Shanty selaku pembina posyandu Desa Wonosari.

Desy menghimbau agar posyandu lebih giat lagi melakukan program-programnya melalui berbagai bentuk pembinaan dan pelatihan serta meningkatkan kerjasama lintas sektor untuk memberi dukungan kepada posyandu.

“Peran serta masyarakat sangat diperlukan guna terwujudnya posyandu yang terbaik dan berkualitas,” tambahnya.(FAS)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan