KEUTAMAAN BERPUASA DI BULAN MUHARRAM

Keutamaan Bulan Muharram

WONOSARI – Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad shallallahu ˜alaihi wa sallam sebagai Syahrullah (Bulan Allah). Tentunya, bulan ini memilki keutamaan yang sangat besar. Adapun ibadah yang dianjurkan secara khusus pada bulan ini adalah memperbanyak puasa sunnah.

Puasa selain merupakan ibadah yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala juga mengandung sekian banyak manfaat yang lain. Dengan berpuasa seseorang dapat mengendalikan syahwat dan hawa nafsunya. Dan puasa juga menjadi perisai dari api neraka. Puasa juga dapat menghapus dosa-dosa dan memberi syafaat di hari kiamat. Dan puasa juga dapat membangkitkan rasa solidaritas kemanusiaan, serta manfaat lainnya yang sudah dimaklumi terkandung pada ibadah yang mulia ini.

Di bulan Muharram, berpuasa ˜Asyura tanggal 10 Muharram sangat ditekankan, karena Rasulullah shallallahu ˜alaihi wa sallam bersabda:

((¦ÙˆÙŽØµÙÙŠÙŽØ§Ù…ُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ.))

¦ Dan puasa di hari ˜Asyura’ saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu.

Selain berpuasa di hari ˜Asyura dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 9 Muharram, karena Nabi shallallahu ˜alaihi wa sallam pernah berkeinginan, jika seandainya tahun depan beliau hidup, beliau akan berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Tetapi ternyata Rasulullah shallallahu ˜alaihi wa sallam wafat pada tahun tersebut. (Sumber: www.google.com)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan