KADES HIMBAU WARGA WASPADA DBD

Pembagian Abate Gratis Guna Mencegah Perkembangbiakan Nyamuk Aedes Aegypti

WONOSARI – Kepala Desa Wonosari menghimbau warga setempat agar waspada terhadap serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang banyak muncul di musim penghujan.

“Melihat kondisi sekarang yang banyak turun hujan maka kewaspadaan warga harus ditingkatkan, jangan sampai genangan air di sekitar lingkungan rumah dibiarkan,” pesannya.

Menurut Landung, tindakan yang harus dilakukan warga untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegpty adalah membuang wadah atau tempat yang bisa menimbulkan genangan air sehingga tidak menjadi sarang nyamuk.

Dijelaskan, nyamuk AA hanya bisa hidup dan berkembangbiak pada air yang jernih terutama bekas air hujan sehingga setiap genangan air di lingkungan rumah harus dihilangkan.

“Makanya setiap wadah atau tempat yang menimbulkan genangan air harus cepat dibuang sehingga tidak menjadi sarang nyamuk dan berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk AA,” ungkapnya.

Dikatakan, tindakan itu merupakan bagian dari gerakan 3 M yakni menutup, menguras dan mengubur barang-barang yang berpotensi menimbulkan genangan air dan dikhawatirkan menjadi sarang nyamuk.

“Sejauh ini, gerakan 3 M cukup efektif mencegah berkembangbiaknya nyamuk terutama nyamuk AA sehingga diharapkan warga harus terus menggalakan gerakan itu terutama di lingkungan rumahnya,” tegas suami Nuriza ini.

Pembagian obat abate secara gratis juga sudah dilakukan oleh kader posyandu dengan mendatangi rumah warga sebagai salah satu tindakan mencegah perkembangbiakan nyamuk AA. Abate adalah obat untuk membunuh jentik-jentik nyamuk dan memperlambat perkembangbiakan nyamuk DBD, dengan cara menaburkan abate di dalam bak mandi atau tempat penampungan air lainnya.

“Abate tidak berbahaya bagi tubuh manusia karena abate hanya akan membunuh jentik nyamuk di bak mandi atau tempat penampungan air lainnya,” jelas Rohani, Ketua Posyandu Kelapa Gading Dusun Timur Sari.(FAS)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan