TRADISI PUNJUNGAN JELANG LEBARAN

WONOSARI – Sudah menjadi tradisi bagi warga Desa Wonosari melakukan punjungan atau saling mengantar makanan ke rumah tetangga dan sanak saudara menjelang lebaran Idul Fitri. Tradisi ini biasanya dimulai sejak hari ke-20 Ramadhan.

Punjungan bertujuan untuk saling berbagi rezeki sebagai salah satu wujud rasa syukur kepada Allah swt atas rezeki yang telah kita peroleh. Selain itu, dalam punjungan, kita juga sekaligus mengunjungi rumah sanak saudara sehingga semakin mempererat tali silaturahmi antar sesama.

Punjungan biasanya berupa makanan yang terdiri dari nasi atau ketupat, lauk-pauk, sayur, dan kue yang dimasukkan dalam wadah / rantang. Punjungan mulai di antar setelah dzuhur hingga menjelang waktu berbuka puasa. Selain merupakan tradisi, punjungan juga menjadi menu berbuka puasa bagi warga yang menerimanya.

Di temui di ruangannya, Landung, menghimbau kepada warga Desa Wonosari untuk terus melestarikan tradisi ini sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

“Tradisi seperti ini harus tetap dilestarikan, namun juga jangan sampai memaksa jika keadaan ekonomi kita memang tidak memadai karena pada hakikatnya tradisi ini merupakan wujud rasa syukur kita atas rezeki yang selama ini telah kita miliki.” ujarnya.(FAS)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan