Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, bulan yang penuh dengan keberkahan bagi seluruh umat muslim di dunia. Bulan Ramadhan juga merupakan ladang amal bagi orang-orang shaleh dan Allah telah memuliakan bulan ramadhan ini di banding sebelas bulan lainnya. dimana pahala yang dilipatgandakan dan dosa-dosa diampuni. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasululah SAW bersabda : “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Itqun Minan Nar (pembebasan api neraka)”. Allah memberikan keistimewaan pada setiap sepuluh hari pada bulan Ramadhan termasuk sepuluh malam pertama.

Pada 10 hari pertama Ramadhan merupakan tahap yang terberat dan tersulit karena merupakan peralihan dari kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh hingga maghrib.

Ternyata tidak hanya tubuh saja yang melakukan kebiasaan baru, pada tahap 10 hari pertama Ramadhan ini pikiran kita juga sedang berusaha beradaptasi atau menyesuaikan untuk melaksanakan puasa dan amalan-amalan yang di cintai Allah SWT dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Oleh sebab itu 10 hari pertama dibulan Ramadhan Allah SWT memberikan keistimewaan dengan membuka pintu rahmad sebesar-besarnya dan limpahan pahala dari berbagai amalan yang dilakukan selama puasa.

Untuk itu jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mendapatkan rahmad dari Allah SWT selama 10 hari pertama Ramadhan. Adapun amalan-amalan yang dapat dilakukan selama 10 hari pertama Ramadhan selain puasa dan sholat tarawih antara lain, tadarrus Al Qur’an, sholat sunnah, berdo’a, beramal shaleh dan membantu orang lain yang membutuhkan. Selain itu bekerja, memperbanyak silaturahmi, serta menjaga hubungan baik juga merupakan sebuah ibadah. Semoga semua ibadah yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan diberkahi dan dirahmati Allah SWT. (FPY – Diambil dari berbagai sumber)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan