BPN GALAKKAN WARGA WONOSARI URUS SURAT KEPEMILIKAN TANAH

WONOSARI – Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengadakan sosialisasi inventarisasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah (IP4T) pada Kamis (2/6/2016) di Gedung Serba Guna Desa Wonosari.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Kepala Seksi Pengaturan dan Pertanahan, Tri Junaidi, Kapolsek Bengkalis, AKP Bagus Harry Priyambodo, dan masyarakat Desa Wonosari.

Melalui sosialisasi ini, BPN menggalakkan kepada masyarakat agar memiliki sertifikat atas kepemilikan tanahnya. Selain itu, tanah juga harus diinvestasikan dan dijadikan  sebuah usaha agar pemanfaatannya dapat lebih dirasakan oleh pemilik. Hal ini disebabkan tanah kosong atau tanah yang tidak di olah juga dikenakan pajak. Begitu juga dengan tanah warisan, harus diurus sertifikat kepemilikannya agar tidak terjadi sengketa.

“Tanah warisan harus diajukan terlebih dahulu ke Pengadilan Agama agar jelas persentase pembagian hak warisnya biar tidak terjadi sengketa,” tegas Tri Junaidi.

Ia juga menambahkan bahwa pihak dari BPN akan segera melakukan pemetaan tanah di wilayah Desa Wonosari dalam waktu dekat.

Landung juga menghimbau kepada seluruh warga Desa Wonosari agar dapat bekerjasama membantu petugas BPN dalam melakukan pemetaan kepemilikan tanah di area Desa Wonosari. (FAS/ Pers Desa)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan