BAGUS : AYO WONOSARI, HIDUPKAN KEMBALI POSKAMLING

WONOSARI – Kapolsek Bengkalis beserta Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) mengadakan sosialisasi tentang menghidupkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) pada Kamis (2/6/2016) di Gedung Serba Guna Desa Wonosari.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Kapolsek Bengkalis, AKP Bagus Harry Priyambodo, Kepala Seksi Pengaturan dan Pertanahan, Tri Junaidi, Bhabinkamtibmas dan masyarakat Desa Wonosari.

Desa Wonosari telah berhasil mendapatkan juara III dalam perlombaan Poskamling se-Polres Bengkalis. Oleh karena itu, Kapolsek Bengkalis menghimbau agar masyarakat lebih bersemangat dalam menghidupkan kembali kegiatan poskamling dengan melakukan ronda secara bergilir dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat setempat.

Siskamling merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan risribusi komunikasi serta informasi secara eksternal (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Setiap poskamling harus memiliki perlengkapan dalam melakukan ronda diantaranya lampu senter, peluit atau kentongan, borgol, kendaraan seperti sepeda, dan berbagai alat lainnya yang mendukung kegiatan tersebut. Petugas ronda juga dijadwalkan secara bergilir dengan kebijakan masing-masing Ketua RT di wilayahnya.

“Petugas ronda minimal harus berumur 17 tahun ke atas. Masing-masing Ketua RT harus gencar dalam melakukan kegiatan poskamling ini untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib di lingkungan masyarakat terutama dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini,” jelas AKP Bagus Harry Priyambodo.

Landung juga menghimbau kepada warga Desa Wonosari agar berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di sekitar tempat tinggalnya dengan ronda / Siskamling berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh perangkat desa yang dalam hal ini diwakili ketua RT setempat. (FAS/Pers Desa)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan