MUSYAWARAH STRATEGIS. SOSIALISASI RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA (RPJMDes)

WONOSARI – Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Desa Wonosari menggelar rapat strategis yang beragendakan sosialisasi tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Wonosari tahun 2016 pada hari Jum’at (1/4/2016) lalu. Rapat dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Wonosari.

Rapat dihadiri oleh Kepala Desa Wonosari, Suswanto, Ketua BPD, H. Maryanto, anggota LKMD, Tim 11, seluruh Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua RW, serta tokoh masyarakat Desa Wonosari. Sosialisasi ini bertujuan supaya program-program pembangunan yang ada di Desa Wonosari dapat diketahui oleh seluruh elemen masyarakat. RPJMDes merupakan dokumen yang harus dimiliki oleh seluruh desa tidak terkecuali Desa Wonosari. Oleh sebab itu diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan meningkatkan peran aktif dalam mendukung dan menunjang pembangunan.

H. Maryanto, ketua BPD Wonosari sekaligus sebagai pimpinan rapat saat itu menjelaskan pentingnya masyarakat mengetahui setiap program pembangunan di desa. “Supaya dengan diktahuinya program-program pembangunan di desa oleh masyarakat diharapkan adanya peran aktif dari masyarakat dan menunjang pembangunan tersebut.” ujarnya.

Sementara itu, Rulyono, salah satu anggota Tim 11 yaitu tim penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) menyampaikan bahwa per tanggal 1 januari 2016, seluruh desa induk maupun desa pemekaran memiliki hak dan kewajiban yang sama yaitu salah satunya memiliki dokumen rencana pembangunan jangka menengah desa. Apabila desa tidak memiliki dokumen rencana pembangunan bukan hanya tidak boleh mengadopsi juga tidak boleh menggunakan dana bantuan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Kepala Desa Wonosari, Suswanto menyampaikan bahwa pemerintah desa memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap penyusunan rencana pembangunan tersebut serta keputusan dan hasil dari sosialisasi tersebut menjadikan arah yang baik bagi Desa Wonosari. Beliau juga berharap kepada seluruh lembaga dan elemen masyarakat terus dapat memberi masukan yang positif, kritik yang membangun demi kemajuan bersama dan mendukung program-program pembangunan desa.  

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*