Pemilihan Ketua RW 03, Secara Demokrasi

WONOSARI – Warga Mekar Sari mengadakan pemilihan Ketua RW 03 pada Sabtu (19/3/2016) di Madrasah Muhibbatul Khairiyah, Wonosari Barat.

Pemilihan Ketua RW. 03 dilakukan secara demokrasi dan transparan. Berbagai aspek yang menjadi persyaratan administrasi untuk calon RW, ditentukan langsung oleh masyarakat melalui rapat yang diwakili oleh tokoh masyarakat dan dituangkan dalam Buku Peraturan Pemilihan Ketua RW. 03 Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis.

Waktu pendaftaran calon RW dilakukan selama satu minggu dan penyeleksian berlangsung selama 3 hari. Bagi calon RW yang telah lulus administrasi, panitia melakukan cabut undi untuk menentukan nomor urut calon dan mempublikasikan kepada masyarakat sehingga memudahkan mereka dalam memilih calon RW.

“Kami sangat bangga kepada masyarakat yang menginginkan pemilihan yang berdemokrasi meskipun dalam lingkup RW, dan kami juga mengacungkan jempol kepada panitia yang mampu menghadirkan pemilihan yang transparan terutama dalam syarat administrasi yang mengutamakan persetujuan keluarga sebagai salah satu syarat mutlaknya,” ucap Darman, Kepala Dusun Mekar Sari.

Warga sangat antusias dalam menghadiri pemilihan Ketua RW. 03 dan proses penghitungan suaranya. Calon Ketua RW adalah Agus dari RT. 03, yang merupakan mantan RW. 03 sebelumnya, Samingan dari RT. 01, dan Fathurrahman, A.Md dari RT. 04.

“Dari 796 undangan yang disebar, sebanyak 532 masyarakat yang hadir untuk memberikan suara dalam pemilihan Ketua RW. 03 ini. Kemudian ditambah 52 orang yang merupakan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB). DPTB adalah daftar pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT namun memenuhi syarat sebagai pemilih. Jadi total pemilih adalah 584 orang dengan jumlah persentase 71%,” jelas Amir Fauzan, Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW. 03.

Proses penghitungan suara berjalan lancar dan tertib, disaksikan langsung oleh Kepala Dusun Mekar Sari, Darman, calon Ketua RW. 03 dan masyarakat. Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara, Ketua RW. 03 berhasil dimenangkan oleh Fathurrahman, A.Md dengan 230 suara. Agus memperoleh 144 suara dan Samingan memperoleh 206 suara. Suara tidak sah berjumlah 4 suara.

“Kita harus mendukung Ketua RW terpilih dan program-program yang dijalankannya demi kemajuan RW. 03. Bagi calon yang tidak terpilih jangan berkecil hati dan harus bersama-sama merangkul Ketua RW terpilih. Kami berharap kepada Ketua RW terpilih agar sering berkonsultasi segala permasalahan kepada tokoh masyarakat maupun perangkat Desa Wonosari,” ucap Agus, mantan RW yang telah habis masa jabatannya pada 7 Maret 2016 lalu. (FAS/Pers Desa)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan